Beranda Ruwa Jurai Lampung Utara Tim BKSDA Kehilangan Jejak Beruang Madu

Tim BKSDA Kehilangan Jejak Beruang Madu

267
BERBAGI

Feaby/Teraslampung.com

Tim BKSDA Lampung berusaha mengevakuasi beruang madu dari belakang Rumah Makan Taruko I Kotabumi, Senin makam (5/10/2015).

Kotabumi– Hingga Selasa siang (6/10/2015), Tim Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Lampung belum berhasil menemukan jejak beruang madu betina yang menghilang di sekitar perkebunan sawit di belakang perumahan Jengan‎an Sikep,  Lampung Utara.

“Hingga pukul 13.07 WIB, kami belum berhasil menemukan beruang madu tersebut meski telah menelusuri ‎perkebunan sawit,” kata salah satu anggota tim BKSDA, Rusmaidi, Selasa (6/10).

Menurut Rusmaidi, pihaknya akan terus berupaya semaksimal mungkin mendapatkan beruang yang diperkirakan berumur sekitar 4 tahunan tersebut guna keselamatan beruang itu sendiri. Sementara batas waktu pencairan, kata Rusmaidi, pihaknya mempunyai batas waktu hingga tiga hari. (Baca: Malam Ini, Beruang Madu Dievakuasi dari Belakang RM Taruko I Kotabumi).

“Sekarang kami lagi istirahat. Setelah itu kami akan berupaya menemukan beruang itu sebelum batas waktu,” tuturnya.

Rusmaidi mengatakan, proses evakuasi yang berujung pada menghilangnya beruang tersebut terganggu akibat kerumunan warga yang bukannya membantu namun malah mengganggu dengan melempari dan membuat suara gaduh.

Alhasil, bius yang sempat ditembakan kepada beruang itu tak bekerja dengan maksimal akibat beruang itu mengalami stres. “Semalam itu sudah sempat ditembak bius yang bekerja selama 1 jam. Tapi karena banyaknya warga yang berkerumun, beruang itu stres dan membuat bius tak bekerja maksimal,” kata dia. (Baca; Beruang Madu di Pekarangan Warga Lampung Utara Belum Berhasil Dievakuasi).

Ia juga mengimbau kepada seluruh masyarakat Lampung Utara yang memiliki atau memelihara satwa dilindungi segera menyerahkannya secara sukarela kepada pihak BKSDA. Karena keberadaan satwa dilindungi ini demi keberlangsungan hidup satwa – satwa tersebut guna warisan generasi muda. “Kami imbau kepada masyarakat yang memiliki satwa dilindungi untuk dapat menyerahkan secara sukarela kepada pihak BKSDA,” imbaunya.

Sebelumnya, seekor beruang madu diketahui berkeliaran di pemukiman warga ‎di RT V/LK I, Kelurahan Kelapa Tujuh, Kotabumi, Lampung Utara, Seni‎n (5/10) sekitar pukul 14:00 WIB.‎ Beruang tersebut sempat berlarian ke pemukiman warga sehingga menarik perhatian warga dan pengguna jalan.

Upaya evakuasi tim BKDSA yang dilakukan sejak pukul 20.15 WIB hingga pukul 22.30 WIB tak berhasil lantaran terganggu oleh kerumunan warga yang merecoki proses evakuasi. Setelah sempat beberapa kali berpindah tempat persembunyian, beruang itu kemudian menghilang di perkebunan sawit di belakang perumahan Jengan Sikep yang berada tepa di belakang Polres Lampung Utara.