Beranda Teras Berita Tim Dosen Darmajaya Lolos Seleksi Visitasi Program PKM

Tim Dosen Darmajaya Lolos Seleksi Visitasi Program PKM

16
BERBAGI
BANDARLAMPUNG, Teraslampung – Dua tim dosen dari Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Darmajaya berhasil lolos dalam seleksi visitasi program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang digelar oleh Direktorat Jendral Perguruan Tinggi (Dikti) pada Juni lalu.

Dua tim tersebut yakni tim yang diketuai Dr. Anuar Sanusi, S.E., M.Si, dengan judul ‘Iptek bagi Kewirausahaan (IbK) di IBI Darmajaya’ dan tim yang diketuai M. Said Hasibuan, S.Kom. M.Kom dengan judul ‘Iptek bagi Wilayah Pulau Pasaran Kota Bandar Lampung Berbasis Minapolitan’.
Dari puluhan ribu proposal yang bersaing, dua proposal tim IBI Darmajaya lolos seleksi bersama 1682 proposal lainnya se-Indonesia. Sebagai tindak lanjut dari seleksi tersebut, pada 18 Juli mendatang IBI Darmajaya akan mendapat kunjungan dari Dikti untuk verifikasi lebih lanjut mengenai proposal keduanya.

Kepala Lembaga Pengembangan, Pembelajaran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP4M) IBI Darmajaya, Abshor Marantika, SE. M.Sc., mengatakan PKM merupakan program pemerintah yang dijalankan melalui Dikti sebagai salah satu upaya membangun budaya sains dan Iptek di kalangan masyarakat.

Dari tujuh skema program PKM yang digulirkan Dikti, IBI Darmajaya lolos untuk kategori Iptek bagi Kewirausahaan (IbK) dan Iptek bagi Wilayah (IbW). Sedangkan skema lainnya seperti Ipteks bagi Masyarakat (IbM) sedang menunggu pengumuman Dikti. Program IbK, kata dia, merupakan skema yang memandu perguruan tinggi untuk menyelenggarakan unit layanan kewirausahaan yang profesional, mandiri dan berkelanjutan, berwawasan knowledge based economy.

“IbK adalah skema yang dirancang untuk menciptakan wirausaha baru mandiri yang berbasis ipteks, menciptakan metode pelatihan kewirausahaan yang cocok bagi mahasiswa yang akan atau sedang merintis usaha.Disini kami ingin melahirkan entrepreneur-etrepreneur muda di kalangan mahasiswa,” katanya.
Sementara untuk program IbW adalah untuk menciptakan kemandirian, kenyamanan dan kesejahteraan masyarakat melalui sinergitas antara masyarakat, perguruan tinggi, dan pemerintah baik kota maupun kabupaten. 

“Dalam pelaksanaan program ini IBI Darmajaya akan menjalin kerjasama dengan Politeknik dan Pemkot Bandar Lampung” ujar dia.

Dari hasil kunjungan yang akan dilakukan Dikti pada 18 Juli mendatang, ia berharap dua tim IBI Darmajaya bisa mendapatkan hasil terbaik dan berhasil memenangkan Hibah Dikti untuk kategori tersebut. “Masih ada satu tahapan lagi untuk bisa memenangkan hibah tersebut, mudah-mudahan kedua tim dari IBI Darmajaya masuk didalamnya” harap Abshor.
Sementara itu, Rektor IBI Darmajaya, Dr. Andi Desfiandi, SE. MA., mengatakan adanya peningkatan status lembaga penelitian IBI Darmajaya dari binaan ke madya, memang sudah sepatutnya diimbangi dengan kontribusi nyata para dosen untuk meningkatkan penelitian maupun pengabdian masyarakat. Selain wujud tanggung jawab, hal ini juga sebagai salah satu implementasi tri darma perguruan tinggi.
“Atmosfir penelitian dan pengabdian masyarakat sudah berjalan baik di lingkungan IBI Darmajaya. Namun kamitetap mendorong para dosen maupun mahasiswa untuk ditingkatkan menjadi lebih baik lagi. Dan kami siap memfasilitasi segala kebutuhan yang berkenaan dengan penelitian maupun pengabdian masyarakat. Mudah-mudahan kedepan penelitian-penelitian yang dihasilkan di IBI Darmajaya semakin berkualitas dan bisa memberikan manfaat bagi masyarakat luas” tandasnya,(*)