Beranda News Pusiban Tim Inovasi Daerah Balitbang Kemendagri Kagumi Kain Tapis Lampung

Tim Inovasi Daerah Balitbang Kemendagri Kagumi Kain Tapis Lampung

273
BERBAGI

TERASLAMPUNG.COM — Tim Publikasi Inovasi Daerah Balitbang Kemendagri yang terdiri dari Tina Bule  dan Wahyu (Youtuber) mengakumi kerajinan kain tapis Lampung. Kekaguman mereka ungkapkan saat berkunjung ke Kantor Dekranasda Lampung, Selasa (14/7/2020).

Tina Bule begitu kagum melihat kerajinan Tapis Lampung yang memiliki detail sangat bagus dan luar biasa dengan berbagai macamnya corak dan motifnya.

“Selain kagum dengan Tapis yang dimiliki oleh Provinsi Lampung, saya juga sangat tertarik dengan siger emas yang merupakan mahkota bagi pengantin Lampung, karena begitu mewah dan elegan. Bahkan kini siger Lampung bukan hanya terkenal di nusantara bahkan mancanegara,” ucapnya.

Sebelumnya, Tim Kemendagri ini meninjau New Normal di sektor rumah makan/restoran Rumah Kayu, sektor pasar modern Mall Boemi Kedaton, Mendatangi UKM Keripik (Aska) di gang PU, dan yang terakhir adalah melihat kerajinan para pengrajin di bawah binaan TP PKK Provinsi Lampung.

Kunjungan ke Dekranasda Provinsi Lampung ini merupakan yang rangkaian terakhir acara pada hari Senin, selasa akan dilanjutkan lagi rangkaian kegiatan kunjungan kepasar tradisional, pusat oleh oleh khas lampung, dan destinasi wisata.

Ketua Dekranasda Lampung, Ny.Riana Sari Arinal, saat menerima tim dari Kemendagri menjelaskan kain tapis Lampung terbuat dari tenun benang kapas dengan motif atau hiasan bahan sugi, benang perak atau benang emas dengan sistem sulam.

“Kain Tapis ini merupakan salah satu kerajinan para pengrajin Lampung yang dibuat memakan waktu cukup lama yaitu 1 hingga 6 bulan, tergantung tingkat kerumitan motif dan proporsi penggunaan benang emas serta umur kain. Hal ini membuat kait tapis yang saat ini masih dibuat dengan cara tradisional, bernilai jual tinggi,” ujarnya.

 

Loading...