Beranda Ruwa Jurai Lampung Selatan Tim Kesenian Lamsel Siap Tampil di Acara “Diplomat Friendly Gethering Night”

Tim Kesenian Lamsel Siap Tampil di Acara “Diplomat Friendly Gethering Night”

31
BERBAGI

Iwan J Sastra/Teraslampung.com

KALIANDA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan melalui Dinas Pariwisata Seni dan Budaya (Disparbud) setempat akan memberangkatkan Tim Kesenian Lamsel ke Jakarta untuk mengisi acara malam silaturahmi  para Diplomat yang bertemakan “Diplomat Friendly Gethering Night” pada tanggal 19 Maret mendatang bertempat di Kunskring Paleis Jalan Teuku Umar No. 1 Menteng, Jakarta.

Tim kesenian asal kabupaten serambi pulau sumatera ini, siap menghibur para duta besar dari seluruh negara sahabat serta beberapa Investor asing yang hadir dalam acara spektakuler tersebut. Hal itu dikatakan Kepala Disparbud Lamsel Fauziah Arief, SH, kepada Teraslampung.com, melalalui sambungan telepon, Minggu (15/3) siang.

Menurut Fauziah, selain akan menyuguhkan atraksi kesenian tari, dalam acara itu juga pihaknya akan menampilkan berbagai macam produk unggulan dari hasil kerajinan home industry yang ada di Kabupaten Lampung Selatan.

“Mudah-mudahan melalui acara diplomat friendly gethering night ini, apa yang ditampilkan oleh Pemkab Lamsel bisa menggugah para duta besar mupun para investor untuk menanamkan modalnya di Lampung Selatan, khususnya untuk pengembangan dunia kepariwisataan,” ujarnya.

Diungkapkannya, acara silaturahmi para diplomat dan investor asing dari berbagai negara sahabat tersebut, rencananya akan dipandu langsung oleh Bupati Lamsel H. Rycko Menoza SZP.

“Pak Rycko diminta langsung oleh pihak penyelenggara untuk menjadi host dalam acara tersebut. Adapun untuk rangkaian acaranya yaitu tarian selamat datang yang akan dibawakan oleh artis penari dari tim kesenian Lampung Selatan, sambutan bupati lamsel, fashion show, serta santap malam sambil menyaksikan pameran home industry Lampung Selatan dan beramah tamah,” ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris Disparbud Lamsel Dra. Ike Sumartati selaku penata tari Tim Kesenian Lamsel menjelaskan, tarian yang akan ditampilkan pada acara diplomat friendly gethering night tersebut berjudul “Muli Menkhanai Begurau”.

Menurutnya, tarian tersebut bercerita tentang kecerian muli mekhanai atau bujang gadis Lampung dalam pergaulan sehari-hari, selalu bersyukur dan bersukacita sesuai dengan salah satu prinsip hidup masyarakat Lampung yaitu nemui nyimah atau ramah tamah dalam menyambut tamu yang datang ke Lampung.

“Harapan kami, Tim Kesenian Lamsel bisa tampil maksimal dan bisa memukau para tamu undangan yang hadir dalam acara malam ramah tamah tersebut. Tim kesenian yang akan diberangkatkan berjumlah 10 orang. Selain menari, mereka juga akan tampil sebagai peraga busana yang akan memamerkan berbagai produk unggulan Lamsel seperti kain tapis, busana sulam usus dan kain tikat inuh,” katanya.