Beranda News Tinggi Gelombang di Perairan Lampung 4 Meter, Selat Sunda Aman

Tinggi Gelombang di Perairan Lampung 4 Meter, Selat Sunda Aman

238
BERBAGI
Prakiraan cuaca 23 Juli 2018: Gelombang tinggi di sejumlah perairan Lampung (dok Stasiun Maritim Lampung)
Prakiraan cuaca 23 Juli 2018: Gelombang tinggi di sejumlah perairan Lampung (dok Stasiun Maritim Lampung)

TERASLAMPUNG.COM — Berdasarkan prakiraan yang dikeluarkan oleh BMKG Maritim Lampung (23/07/2018), diperkirakan akan berpotensi terjadi gelombang yang tinggi di wilayah perairan Samudera Hindia barat Lampung, perairan barat Lampung hingga Selat Sunda bagian selatan.

Menurut Achmad Raflie Pahlevi, prakirawan Stasiun Meteorologi Maritim Lampung, tinggi gelombang di Selat Sunda bagian selatan dapat mencapai 4 meter.

Ia mengatakan, di perairan barat Lampung tinggi gelombang dapat mencapai 4 meter, bahkan di Samudera Hindia barat Lampung tinggi gelombang dapat mencapai 6 meter.

“Untuk jalur penyebrangan dari Merak-Bakauheni masih aman, karena tinggi gelombang masih berkisar 0.5 – 1.5 meter,” katanya.

Kondisi ini disebabkan karena meningkatnya aktivitas monsun Australia, sehingga kecepatan angin di Wilayah Samudera Hindia Barat Lampung lebih dari 25 knot dan terjadi secara terus menerus. Angin yang kuat dapat menyebabkan gelombang yang tinggi di wilayah Samudera Hindia Barat Lampung dan terbawa hingga wilayah Perairan Barat Lampung dan Selat Sunda Bagian Selatan.

BMKG Maritim Lampung memprakirakan kondisi ini akan terus berlangsung hingga beberapa hari ke depan. Untuk itu BMKG menghimbau ntuk masyarakat, nelayan, wisatawan, dan pelaku serta otoritas transportasi laut untuk waspada dalam menyikapi kondisi ini.