Beranda News Tingkatkan Kenyamanan Penumpang, PT KAI Berlakukan Ketentuan Khusus bagi Ibu Hamil

Tingkatkan Kenyamanan Penumpang, PT KAI Berlakukan Ketentuan Khusus bagi Ibu Hamil

60
BERBAGI
Humas Divre IV Tanjung Karang Franoto Wibowo (kanan), saat menjelaskan layanan khusus bagi ibu hamil, dalam konferensi pers di ruang VIP Stasiun Tanjungkarang, Rabu (8/3/2017).

TERASLAMPUNG.COM — Untuk meningkatkan pelayanan dan memberikan kenyamanan kepada penumpang kereta api khususnya ibu hamil, PT Kereta Api Indonesia  (Persero) memberlakukan ketentuan khusus bagi ibu hamil yang akan menggunakan jasa kereta api.

Menurut Manajer Humas Divre IV Tanjung Karang, Tnk Franoto Wibowo, khusus untuk PT KAI Divre IV Tanjungkarang akan memberlakukan aturan khusus ibu hamil bagi penumpang yang menggunakan KA Sriwijaya dan Rajabasa dengan rute Tanjungkarang – Kertapati (Palembang) PP.

“Ketentuan ini mulai berlaku pada tanggal 31 Maret 2017, hal ini untuk keselamatan penumpang ibu hamil yang naik kereta jarak jauh dengan usia kehamilan 14 sampai 28 minggu. Dan Inya Alah akan berlaku seterusnya, ” kata Franoto, saat konferensi pers di ruang VIP Stasiun Tanjung karang, Rabu (8/2/2017).

Franoto mengatakan, ibu hamil yang akan melakukan perjalanan maka wajib menyertakan surat keterangan dari dokter kandungan atau bidan yang menyatakan usia kehamilan pada saat pemeriksaan, kandungan ibu dalam keadaan sehat dan tidak ada kelainan kandungan. Dan harus didampingi oleh minimal satu orang penumpang.

“Apabila kedapatan calon penumpang yang menyimpang dari ketentuan-ketentuan tersebut saat boarding, calon penumpang diizinkan melanjutkan perjalanan dengan syarat wajib melakukan pemeriksaan di pos kesehatan. Jika tidak, maka pihak PT KAI tidak akan bertanggung jawab terjadi hal yang tidak diinginkan dan menjadi tanggung jawab penumpang. Peraturan itu ditetapkan untuk memberikan rasa nyaman bagi penumpang khususnya ibu hamil,” katanya.