Tingkatkan Kualitas Riset, Unila Ikuti ToT Penulisan Artikel Ilmiah 2021

  • Bagikan

TERASLAMPUNG.COM — Untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas publikasi ilmiah bereputasi nasional dan internasional, Universitas Lampung (Unila) ikut serta pada Training of Trainer (TOT) secara daring Koordinasi Penyamaan Persepsi Fasilitator Pendampingan Daring Penulisan Artikel Ilmiah Tahun 2021.

Kegiatan yang diselenggarakan Direktorat Pengelolaan Kekayaan Intelektual, Deputi Bidang Penguatan Riset dan Pengembangan, Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional ini diikuti fasilitator perwakilan Unila Prof. Ir. Suharso, S.Si., Ph.D., dan Prof. Buhani, serta beberapa perwakilan fasilitator dari seluruh perguruan tinggi negeri dan vokasi di Indonesia melalui aplikasi Zoom, Kamis, 15 April 2021.

Prof. Suharso saat diwawancarai mengatakan, Kemenristek/Brin telah menugaskan 59 fasilitator nasional termasuk dirinya dan Prof. Buhani untuk mendampingi para dosen yang akan mempublikasi artikel bereputasi.

BACA JUGA:   UKM Futsal UBL Gelar Kompetisi Fulsal untuk Pelajar dan Umum

Sesuai janji penelitian para dosen, mereka akan melakukan penelitian dan publikasi nasional terindeks Sinta atau publikasi bereputasi internasional.

Untuk mewujudkan hal itu, para peneliti telah diberikan pelatihan penulisan sekaligus dipandu untuk mengumpulkan manuskrip penelitian. Apabila dipandang layak, para peneliti ini akan dilatih para fasilitator nasional.

Lebih lanjut Suharso menuturkan, tidak hanya dosen muda, fasilitator nasional ini pun bertugas mendampingi para peneliti yang akan melakukan publikasi bereputasI.

Pada jumpa daring itu, salah satu fasilitator dari Kemenristek/Brin Hanief Arief saat mengawali acara menuturkan, mekanisme pendampingan ini dibagi menjadi tiga cluster yakni pemula, madya, dan pratama.

Hanief mengungkapkan, pendampingan ini menyasar para dosen pemula yang tergabung dalam program penelitian dosen pemula. Terdapat tujuh ribuan penelitian, namun luaran publikasi masih memerlukan pendampingan lebih lanjut.

BACA JUGA:   Rapat Persiapkan Monev 8 IKU, Ini Pesan Rektor Unila

“Saya berharap kegiatan ini dapat memberi manfaat terbaik untuk mencapai target peningkatan kualitas artikel dan publikasi ilmiah. Kami akan terus bekerja, berkarya, dan konsen memberikan pelayanan terbaik dalam hal penelitian dan publikasi ilmiah,” ujarnya.

Narasumber pada ini kegiatan ini antara lain Prof. Suminar Setiati Achmadi dari Departemen Kimia IPB yang memaparkan materi mengenai skema Penelitian Dosen Pemula (PDP) dan pengalaman pendampingan penulisan artikel tahun 2020.

Suminar menuturkan, peneliti pemula agar meningkatkan lagi kemampuan risetnya. Penelitian dasar diharapkan dapat menerapkan prinsip dasar teknologi, formulasi konsep, atau aplikasi teknologi, hingga pembuktian konsep.

  • Bagikan