Beranda Ruwa Jurai Lampung Tengah Tingkatkan Pelayanan Kesehatan Hingga Pelosok, Pemkab Lamteng Buka Call Center

Tingkatkan Pelayanan Kesehatan Hingga Pelosok, Pemkab Lamteng Buka Call Center

201
BERBAGI
Bupati Mustafa menyosialisasikan program ambulans gratis kepada warga di beberapa desa di Lampung Tengah, Sabtu malam hingga Minggu dini hari (4-5 Februari 2017).

TERASLAMPUNG.COM — Untuk  meningkatkan pelayanan kesehatan hingga tingkat pelosok kampung, Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah melalui Dinas Kesehatan akan memberlakukan layanan call center di setiap puskesmas se-Lamteng.

Layanan Call Center tersebut untuk memudahkan masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan, terutama  kebutuhan ambulans dan pelayanan gawat darurat.

“Call center dimaksudkan agar masyarakat dapat mendapatkan informasi dan pelayanan kesehatan dengan cepat. Dengan adanya call centre ini nantinya masyarakat dapat dengan mudah mendapatkan pelayanan kesehatan, seperti ambulance dan pelayanan lainnya terutama dalam keadaan mendesak. Sehingga saat mendapatkan laporan melalui call center petugas kesehatan di puskesmas tersebut dapat dengan cepat memberikan pertolongan kesehatan,” kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Lamteng, Hairun Azman, Sabtu  (13/5/2017).

Selain itu, kata Hairun, layanan ini juga untuk membantu ibu-ibu hamil yang akan melahirkan.

“Dengan pelayanan yang cepat dapat mebantu ibu-ibu melahirkan. Sehingga dapat menolong serta menekan angka kematian bayi,” katanya.

Hairul menambahkan, layanan ini merupakan salah satu program Bupati Lamteng Dr. Ir. Hi. Mustafa melalui Dinas Kesehatan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan di Lamteng.

“Saat ini program layanan Call Center sudah mulai dilaksanakan di beberapa puskesmas, seperti Puskesmas Punggur 085789999331, PKM Bandarjaya 08127341501, Seputihraman 082377090577, Candirejo 085269222200, ambulan Pepadun 081271915552. Kedepan akan diberlakukan di semua puskesmas-puskesmas di Lampung Tengah,” paparnya.

Selain pelayanan, sarana dan prasarana juga perlu di tingkatkan. Untuk menunjang agar program call center ini berjalan dengan baik maka Sumber Daya Manusia (SDM) nya juga perlu ditingkatkan.

Nantinya ambulan dan supir akan selalu stanby di puskesmas, sehingga jika ada panggilan untuk melayani pasien maka semuanya siap melaksanakannya.

“Pelayanan di puskesmas juga akan selalu melayani semua pasien dengan baik. Apapun penyakitnya harus dilakukan pertolongan terlebih dahulu baru mengetahui apakah pasien merupakan peserta BPJS atau tidak,” tandasnya.

Pihaknya berharap, program ini dapat terlaksana dengan baik. Sehingga masyarakat bisa mendapatkan pelayanan kesehatan meskipun mereka berada di kampung yang jauh dari puskesmas setempat dengan cepat.

Sementara itu Bupati Mustafa menegaskan upaya peningkatan pelayanan kesehatan terus dilakukan Pemkab Lampung Tengah. Pembenahan dilakukan dari semua tingkatan, mulai dari puskesmas hingga rumah sakit.

“Pelan-pelan rumah sakit Demang Sepulau Raya terus kita perbaiki. Mulai dari fasilitas, layanan dan tenaga medis, semua ditingkatkan. Begitu juga di puskesmas-puskesmas. Kedepan dengan adanya layanan call center akan memudahkan masyarakat untuk mendapatkan pengobatan,” pungkasnya.

Loading...