Beranda News Nasional Tinjau Lokasi Tsunami, Presiden Jokowi Tegaskan Pemerintah akan Relokasi Rumah Korban

Tinjau Lokasi Tsunami, Presiden Jokowi Tegaskan Pemerintah akan Relokasi Rumah Korban

434
BERBAGI
residen Jokowi berdialog dengan warga terdampak tsunami Selat Sunda, di Rajabasa, Lampung Selatan, Lampung, Rabu (2/1) siang.
Presiden Jokowi berdialog dengan warga terdampak tsunami Selat Sunda, di Rajabasa, Lampung Selatan, Lampung, Rabu (2/1) siang.

TERASLAMPUNG.COM — Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau bangunan yang terdampak tsunami Selat Sunda, di Desa Way Muli, Kecamatan Rajabasa, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung, Rabu (2/1) siang.

Presiden Jokowi memerintahkan jajaran pemerintah untuk melakukan penanganan pasca-bencana tsunami Selat Sunda dengan baik.

“Saya sudah sampaikan ke (Pelaksana) Bupati Lampung Selatan, Gubernur, Menteri PUPR, dan ke BNPB agar segera dilakukan penanganan, terutama setelah evakuasi selesai,” kata Presiden Jokowi kepada wartawan.

Sementara terkait permintaan warga yang terkena dampak tsunami agar rumah mereka segera dibangun, Presiden mengatakan, akan segera melakukannya.

“Kita akan masuk ke situ, ke tahap rekonstruksi dan pembangunan. Tidak ada hunian sementara (huntara). Jadi, langsung akan dibangun rumah, direlokasi karena di sini memang sangat rawan tsunami,” tegas Presiden.

BACA: Kunjungi Lamsel, Jokowi Ingin Pastikan Penanganan Korban Tsunami Cepat dan Baik

Menurut Presiden Jokowi, lokasi rumah yang akan dibangun untuk warga terdampak tsunami berada sekitar 400 meter dari lokasi yang dihuni warga saat ini. Ia menyebutkan, ada tanah 2 hektare lahan di sana.

Presiden Joko Widodo menghimbau agar warga sebaiknya tidak membangun rumah atau bangunan lainnya terlalu dekat dengan pantai. Selain itu presiden juga menyatakan akan merelokasi dan rehabilitasi rumah warga secepatnya.

“Saya himbau agar tidak mendirikan bangunan terlalu dekat dengan bibir pantai, jarak aman terdekat itu sebaiknya 400 meter dari bibir pantai. Untuk relokasi dan rehabilitasi akan kita lakukan secepatnya, paling lambat 3 bulan selesai,” kata Jokowi.

Sebelumnya saat tiba di Desa Kunjir, Kecamatan Rajabasa, Kabupaten Lampung Selatan, Jokowi mendapatkan penjelasan tentang sebaran dampak tsunami Kabupaten Lampung Selatan dari Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto.

BACA: Curhat kepada Jokowi, Warga Pulau Sebesi Juga Ingin Rumahnya Direlokasi

Kepala Negara juga melihat bangunan yang terdampak tsunami dan berdialog dengan warga yang terkena dampak tsunami.

Presiden Jokowi ke Lampung didampingi oleh Kapolri Jenderal Pol. Tito Karnavian, Panglima TNI Hadi Tjahjanto, Menkopolhukam Wiranto, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Sosial (Mensos) Agus Guwimang, dan Menteri Kesehatan (Menkes) Nila Djuwita Moeloek.

Usai mengunjungi warga yang terdampak tsunami selat sunda di Desa Kunjir dan Way Muli, Lampung Selatan, Presiden dan romobongan dijadwalkan akan berkunjung juga ke RSUD Bob Bazar, dan Lapangan Tenis Indoor Kalianda.

Loading...