Beranda Ruwa Jurai Lampung Tengah Tinjau Ronda, Bupati Mustafa Bawa Puluhan Ambulans ke Kampung Linggapura

Tinjau Ronda, Bupati Mustafa Bawa Puluhan Ambulans ke Kampung Linggapura

447
BERBAGI
Bupati Mustafa menyosialisasikan program ambulans gratis kepada warga di beberapa desa di Lampung Tengah, Sabtu malam hingga Minggu dini hari (4-5 Februari 2017).

TERASLAMPUNG.COM  — Para peronda di Kampung Linggapura, Selagai Lingga, Lampung Tengah, pada Minggu dini hari (5/2/2017) kaget saat melihat Bupati Lampung Tengah, Mustafa, datang naik mobil ambulans.

Mustafa tidak datang sendiri. Ia juga membawa  anak buahnya dengan puluhan armada ambulans. Tak pelak, kehadiran orang nomor satu di Lamteng pada pagi buta itu membuah kehebohan. Masyarakat kampung girang bercampur bingung.

Bukan membawa warga yang sakit atau pamer mobil baru. Kehadiran Mustafa dengan armada ambulans tidak lain adalah untuk menyosialisasikan program ambulan gratis bagi masyarakat Lamteng. Mustafa mengawali sosialisasi program barunya di Kampung Linggapura, wilayah paling barat di Lamteng yang berbatasan dengan Kabupaten Lampung Utara dan Lampung Barat.

Mustafa dan rombongan butuh waktu enam jam. Berangkat usai shalat magrib sekitar pukul 18.30, Bupati Mustafa dan rombongan baru tiba di Linggapura pada Minggu dini hari. Maklum, di beberapa titik Musrafa harus berhenti untuk menyosialisasikan program ambulans gratis.

Bupati menegaskan program ambulans gratis dimaksudkan untuk membantu warga mempermudah dan mempercepat warga untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Dengan adanya ambulans gratis, diharapkan warga yang sakit segera bisa ditolong oleh petugas kesehatan.

“Ini benar-benar gratis bagi warga Lampung Tengah. Warga bisa melapor jika ada oknum yang memungut bayaran! Oknum yang pungli akan saya tindak!” ujarnya.

Program ambulan gratis disosialisasikan Mustafa di sepanjang perjalanan ronda menuju Kampung Linggapura. Perjalanan ronda dan penyerahan ambulan juga dimanfaatkan bupati untuk menyapa dan menyambangi warga yang sedang menjalankan jadwal ronda.

Di sela perjalanan Bupati Mustafa menyerahkan langsung satu unit mobil ambulan ke Puskesmas Karang Anyar kepada kepala Puskesmas setempat. Dia berharap ambulan gratis dapat meringankan beban masyarakat.

“Mudah-mudahan masyarakat terbantu dengan keberadaan ambulan gratis. Masyarakat juga semakin mudah mendapatkan pelayanan kesehatan. Saya harap ini dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk masyarakat,” tandasnya.

Kepala Dinas Kesehatan Lampung Tengah, Khairul Azman, mengatakan pada 2017  ada penambahan 10 ambulan baru di Lampung Tengah. Masing-masing didistribusikan ke Puskesmas Kalirejo, Puskesmas Rawat Inap Karang Anyar, Puskesmas Binakarya Utama, Puskesmas Bandar Agung, Puskesmas Bandarjaya.

Selain itu ke Puskemas Gunung Sugih, Puskesmas Jati Datar, Puskesmas Sri Wijaya Mataram, dan Puskesmas Seputih Mataram.

“Armada ambulans didistribusikan secara bertahap. Malam ini akan didistribusikan ke Puskesmas Karang Anyar. Ambulans ini dimanfaatkan secara gratis untuk kepentingan masyarakat,” katanya.

Penambahan armada baru ini merupakan hasil dari realisasi dana alokasi khusus (DAK) 2016 yang diusulkan oleh bupati Lamteng. Tahun 2017, Lamteng rencananya bakal menerima bantuan lagi 3 unit ambulan.

Dengan adanya penambahan armada, diharapkan dapat memenuhi kebutuhan ambulan di Lamteng. “Memang jumlah 38 ini belum memenuhi angka ideal dengan luas wilayah di Lamteng, tapi jumlah ini dinyatakan cukup. Setiap unit ambulan akan didampingi dokter dan perawat. Untuk call centre kami rilis Senin ini, 6/2/2017,” katanya.