Beranda News Kesehatan Tips Menghindari Penyakit Usus Buntu

Tips Menghindari Penyakit Usus Buntu

773
BERBAGI
Ilustrasi usus buntu/ dok shutterstock

TERASLAMPUNG.COM — Penyakit usus buntu adalah peradangan yang terjadi pada usus buntu atau apendiks. Usus buntu merupakan organ berbentuk kantong kecil dan tipis, berukuran sepanjang 5 hingga 10 cm yang terhubung pada usus besar. Saat menderita radang usus buntu, penderita dapat merasa nyeri di perut kanan bagian bawah. Jika dibiarkan, infeksi dapat menjadi serius dan menyebabkan usus buntu pecah, sehingga menimbukan keluhan rasa nyeri hebat hingga membahayakan nyawa penderitanya, Penyakit usus buntu lebih rentan dialami pada usia 10-30 tahun.

Lalu, bagaimana cara mengetahui gejala apabila usus buntu itu mengalami masalah? secara umum, Gejala utama pada penyakit usus buntu ialah nyeri pada perut. Sehingga terkadang orang tidak menyadari bahwa usus buntunya telah terganggu. Rasa sakit biasanya berawal dari pusar dan dibagian perut tengah, kemudian setelah beberapa jam rasa sakit akan berpindah ke perut kanan bagian bawah.

Namun, posisi nyeri berbeda-beda, tergantung usia dan posisi dari usus buntu itu sendiri. Dalam waktu beberapa jam, rasa nyeri dapat bertambah parah, terutama saat kita bergerak, menarik napas dalam, batuk, atau bersin.
Setelah itu rasa sakit akan terus bertambah semakin meningkat dari waktu ke waktu. Selain itu berikut gejala atau tanda penyakit usus buntu, yaitu :

1. pembengkakan di perut
2. mual dan muntah
3. demam
4. diare dan nafsu makan hilang
5. sulit buang angin

Selain itu, rasa nyeri ini juga bisa muncul secara mendadak, bahkan saat penderita sedang tidur. Selain itu usus buntu juga sering terjadi pada ibu hamil, Bila radang usus buntu terjadi pada ibu hamil, rasa nyeri bisa muncul pada perut bagian atas, karena posisi usus buntu menjadi lebih tinggi saat hamil.

Penyebab Penyakit Usus Buntu
Penyakit usus buntu terjadi karena rongga usus buntu mengalami infeksi selain itu penyebab usus buntu ialah keseringan mengkonsumsi mie instan dan mengkonsumsi makanan pedas. Selain itu makanan asam juga dapat menyababkan usus buntu. Dalam kondisi ini, bakteri berkembang biak dengan cepat sehingga membuat usus buntu meradang, bengkak, hingga bernanah.

Tips menghindari penyakit usus buntu :

1. Mengkonsumsi makanan yang berserat
2. Kurangi mengkonsumsi mie instan
3. Kurangi mengkonsumsi makanan pedas
4. Rutin berolahraga
5. Jangan menunda BAB
6. Banyak minum air putih
7. Istirahat setelah makan
8. tidak mengkonsumsi minuman soda berlebihan

Nah itu tadi tips dari aku untuk menghindari penyakit usus buntu,
Gejala usus buntu di atas merupakan gejala yang sering terjadi pada pasien yang mengalami usus buntu. Semoga kamu tidak mengalami hal ini, dan jika mengalaminya jangan sampai diabaikan ya.

Sarmila Angraini, mahasiswa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta

Loading...