Mesuji  

TKW Asal Mesuji yang Terdampar di Thailand Akhirnya Bisa Pulang ke Kampung Halaman

Marhayati dan anaknya (Foto: Istimewa via Kumparan.com)
Bagikan/Suka/Tweet:

TERASLAMPUNG.COM — Marhayati, tenaga kerja Indonesia asal Mesuji yang terdampar di Thailand selama belasan tahun, akhirnya bisa kembali ke kampung halamannya di Mesuji.

Perempuan yang awalya menjadi TKW di Malaysia dan kehilangan paspornya itu tinggal di Thailand setelah bertemu dengan pria muslim Thailand yang pernah menjadi mahasiswa di IAIN Raden Intan (kini UIN Raden Intan).

Rencananya Marhayati akan berangkat dari Thailand pada Rabu (7/2/2018) malam. Ia sudah mendapat surat perjalanan laksana paspor (SPLP) Republik Indonesia sebagai pengganti paspornya yang hilang saat bekerja di Malaysia.

Kepastian itu disampaikan Koordinator Fungsi Penerangan Sosial Konsuler KRI Songkhla, Arief Hidayatullah.

“Insya Allah Bu Marhayati bisa pulang besok Rabu (1/2) malam,” katanya, seperti dilansir  Kumparan.com, Selasa (6/2/2018).

Arief mengatakan, suami dan anak Marhayati belum bisa mendampingi Maryati pulang kampung i karena pembuatan paspor anaknya belum selesai.

Menurut Arief, keluarga Marhayati di Mesuji juga sudah ditemukan berkat bantuan Dinas Tenaga Kerja dan dan BP3TKI Lampung.

BACA: Ini Hasil Penelurusan BP3TKI Lampung Tentang TKI Mesuji di Thailand

Baru-baru ini tersebar video testimoni tentang seorang pekerja migran Indonesia bernama Marhayati yang terlunta-lunta hingga Thailand karena paspornya hilang. Dalam video yang diunggah seorang pria Thailand yang pernah kuliah d UIN Raden Intan Lampung itu terlihat perempuan berjilbab mencaritakan keinginannya untuk bertemu keluarganya di Lampung.

Video itu sengaja diviralkan oleh akun facebook bernama Hafizi Ab-rahman pada 27 Januari 2018 dengan tujuan keluarga Marhayati di Mesuji bisa mengetahui keberadaan Marhayati dan segera bisa membawa perempuan malang itu pulang ke kampung halamannya.