Beranda Ruwa Jurai Lampung Utara TMMD di Lampung Utara, Prajurit TNI Bangun Gorong-Gorong

TMMD di Lampung Utara, Prajurit TNI Bangun Gorong-Gorong

129
BERBAGI
Suasana pembangunan pekerjaan fisik dalam TMMD ke-105 di Desa Batunangkop, Lampung Utara
Suasana pembangunan pekerjaan fisik dalam TMMD ke-105 di Desa Batunangkop, Lampung Utara.

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–Sepekan menjelang pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105, para prajurit TNI Kodim 0412 Lampung Utara terus ‘menggarap’ satu-per satu pekerjaan fisik.

Setelah membangun  badan jalan sepanjang 1,2 km penghubung Kecamatan Sungkai Tengah dan Kecamatan Sungkai Utara dan merehabilitasi dua unit masjid, kini para prajurit TNI  bersama warga mulai mengerjakan pembangunan box culvert atau gorong-gorong beton untuk jembatan berukuran 6×2 meter.

“Total ukuran box culvert atau gorong-gorong yang dibangun berukuran 6×2 meter, di Desa Batunangkop,” kata Komandan Kodim 0412 Lampung Utara (Lampura), Letkol. Inf. Krisna Pribudi melalui Komandan Rayon Militer (Danramil) 412-06 Kecamatan Sungkai Tengah, Kapt. Inf. Syamsuari, dalam rilis yang diterima Teraslampung.com, Kamis (4/7/2019).

Pembangunan gorong-gorong ini dimaksudkan untuk memudahkan aliran air yang berada di bawah jembatan sehingga air lancar dan tidak meluber ke jalan. Pekerjaannya dibantu oleh masyarakat sekitar.

Selain melakukan pembangunan tersebut, pihaknya juga masih terus fokus mengerjakan pembangunan fisik lainnya seperti jalan, masjid, dan gereja (belum dimulai pekerjaan).

“Diharapkan semua pekerjaan fisik sudah mencapai target sebelum TMMD resmi dibuka,” tuturnya.

TMMD ke-105 di Lampung Utara tahun 2019 dipusatkan di Desa Batunangkop, Sungkai Tengah. TMMD ini meliputi pekerjaan fisik dan non fisik. Pekerjaan fisik seperti pembuatan jalan baru 1,2 KM, rehabilitasi masjid, gereja. Adapun kegiatan non fisik sifatnya kegiatan yang berkaitan dengan pelayanan atau pelatihan.

Box Culvert adalah beton bertulang pracetak berbentuk segi empat yang memiliki spigot dan soket. Spigot dan soget berfungsi untuk menjadikan box culvert kedap terhadap masuknya air tanah (eksfiltrasi) dan tetap menyatu saat terjadi pergeseran tanah.

Box Culvert biasanya digunakan untuk saluran drainase. Box cluvert berukuran yang besar bisa digunakan sebagai  jembatan.

Loading...