Beranda News Nasional TNI AL akan Bangun Pangkalan Utama di Lampung

TNI AL akan Bangun Pangkalan Utama di Lampung

1093
BERBAGI
Wakasal Laksamana muda TNI, Ahmad Taufiqoerrochman saat memberikan keterangan terkait Apel Komando Satuan (AKS).

Zainal Asikin|Teraslampung.com

PESAWARAN — TNI Angkatan Laut ( AL)  berencana membangun sebuah pangkalan utama di perairan Teluk Lampung, Pantai Caligi, Kabupaten Pesawaran. Hal tersebut, disampaikan oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal), Laksamana Muda TNI Achmad Taufiqoerrochgman saat acara Apel Komandan Satuan (AKS) TNI AL di Pantai Caligi, Pesawaran, Kamis (23/2/2017).

Taufiqoerrochgman mengatakan, menindaklanjuti instruksi Presiden Joko Widodo, TNI AL berencana akan membangun pangkalan utama, salah satunya di perairan Teluk Lampung, Pantai Caligi, Pesawaran. Pangkalan utama tersebut dilakukan, tidaklain untuk pengembangan dan penataan gelar kekuatan TNI AL.

“Jadi Intruksi Bapak Presiden, bahwa sekarang ini bukan lagi Jawa Sentris tapi Indonesia Sentris,”ungkapnya.

Menurutnya, rencana pembangunan pangkalan utama tersebut, telah disampaikan juga ke seluruh prajurit. Khususnya komandan satuan, mulai dari Kepala Staf hingga Komandan Satuan terendah.

“Pembangunan pangakalam utama ini juga, sudah kita disampaikan ke Gubernur Lampung dan Bupati Pesawaran serta masyarakat setempat,”ujarnya.

Taufiqoerrochgman mengutarakan, dengan dibangunnya pangkalan utama di Lampung ini, merupakan perencanaan dalam pengembangan kekuatan dan penataan gelar TNI AL,
Pangkalan utama terlengkap dan kekuatan yang tergelar, memang berada di Surabaya yang merupakan peningalan dari kolonial Belanda. Tapi konsepnya, sudah berbeda dengan sekarang.

“Sejalan kebijakan pemerintah, kita akan mulai membangun pangkalan utama yang memadai. Sehingga jadi pangkalan kekuatan laut yang sesuai standar dipersyaratkan,”terangnya.

Pembangunan pangkalan ini, kata Wakasal, akan disinergikan dengan pembangunan di wilayah tersebut, baik pengembangan sentra ekonomi dan juga meningkatkan pariwisata. Sehingga ada sinergitas, dimana kekuatan TNI itu hadir, begitu juga akan memberikan dampak yang positif untuk kesejahteraan masyarakat.

“Membangun pangkalan utama ini, memang perlu waktu dan anggaran yang besar. Tapi pembangunannya sendiri sudah dimulai, seperti adanya Brigif dan juga dermaga,”tuturnya.

Ditegaskannya, tahun 2017 ini adalah sebagai pematangan lahan, dengan membuat dermaga yakni khususnya dermaga bicing, khusus LST. Hal tersebut dilakukan, agar saat mulai pembangunan tidak menggangu transportasi jalur darat. Sehinga pada saat pengiriman bahan-bahan dan alat berat, pengirimannya hanya melalui jalur laut dan diturunkan di dermaga bicing tersebut.

“Kita lihat bersama pantai Caligi ini, sangat bagus dan merupakan Teluk dalam Teluk. Bahkan medan belakang pantainya, memadai untuk dibuat pangkalan utama,”pungkasnya.