Tokoh Adat, Agama, dan Masyarakat Lampura Meriahkan “Nusantara Bersatu”

  • Bagikan
Komandan Kodim 0412, Letkol. Inf. Mahfud Supriyadi (tengah) dan Kapolres AKBP. Esmed Eryadi serta Asisten I Pemkab, Yuzar usai kegiatan Nusantara Bersatu, Rabu (30/11/2016).

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi– Untuk memperkuat rasa kesatuan dan persatuan yang terbingkai dalam Bhinneka Tunggal Ika‎, Kodim 0412 Lampung Utara menggelar acara Nusantara Bersatu, di Aula Tapis kantor Pemkab, Senin (30/11/2016). Para tokoh agama, adat, masyarakat dan pemuda hadir dalam acara ini.

Nara sumber dalam kegiatan ini ialah Komandan Kodim 0412, Letkol. Inf. Mahfud Supriyadi, Kapolres, AKBP. Esmed Eriyadi, Kepala Kejaksaan, Yusna Aidia, dan Asisten I, Yuzar.

Usai kegiatan, Letkol Mahfud menuturkan ‎kegiatan ini untuk menindaklanjuti instruksi Panglima TNI, Jenderal Gatot Nurmayanto sebagai bagian dari langkah untuk mengantisipasi dan meminimalisir potensi penghancuran dan pemecah belahan bangsa yang dilakukan oleh orang – orang yang tak bertanggung jawab.

‎”Kegiatan ini dilakukan serempak di seluruh Indonesia agar rasa persatuan dan kesatuan serta saling memiliki di antara kita tetap terjaga dan kuat,” katanya.

Menurut Dandim, penguatan rasa persatuan dan kesatuan ini selain akan membuat bangsa Indonesia lebih kuat terhadap ‘serangan’ yang bersifat menghancurkan baik secara fisik maupun non fisik, penguatan ini juga dapat membuat laju pembangunan terus berjalan sebagaimana mestinya sehingga kemajuan akan segera tercapai.

‎”Ayo rapatkan barisan persatuan dan kebersamaan. Tetap kompak untuk kemajuan bangsa,” imbaunya.

Sementara Kapolres, AKBP. Esmed Eriyadi mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk terus menjaga suasana agar tetap kondusif dan tak termudah dengan provokasi – provokasi ‘liar’ yang berpotensi merusak rasa persatuan dan kesatuan yang selama ini telah terjalin.

“Meski hak menyatakan hak pendapat di muka umum dijamin oleh Undang – Undang tetapi hak tersebut jangan sampai melanggar aturan yang lain,” kata dia.

Di lain sisi, Asisten I Sekretaris Kabupaten, Yuzar meminta masyarakat tetap menghargai setiap perbedaan yang ada sehingga tujuan dari semboyan Bhinneka Tunggal Ika dapat tercapai. Dengan demikian, kehidupan yang harmonis di kalangan masyarakat dapan terus berjalan.

“Sikap saling menghargai atau menghormati serta menjaga rasa persatuan dan kesatuan akan membuat bangsa ini kuat dan kokoh serta maju,” terangnya.

  • Bagikan