Beranda News Nasional Tol Trans Sumatera Ubah Budaya Pemudik Menyeberang pada Malam Hari

Tol Trans Sumatera Ubah Budaya Pemudik Menyeberang pada Malam Hari

88
BERBAGI

TERASLAMPUNG.COM — Hampir setiap mudik Idul Fitri, para pemudik asal Sumatera yang tinggal di berbagai wilayah Pulau Jawa mengalami penumpukan penumpang di pelabuhan Merak. Hal ini terutama disebabkan oleh faktor keamanan saat berkendara melintas di sepanjang Jalan Raya Trans Sumatera yang dianggap tidak aman.

Para pemudik kemudian memilih untuk menyeberang dari Merak pada malam hari sampai dini hari untuk kemudian melanjutkan perjalanan darat di pagi sampai sore hari yang relatif lebih aman.

Perilaku tersebut kemudian menjadi kebiasaan para pemudik dan sulit untuk diubah karena alasan yang kuat, yaitu berkendara di Jalan Raya Trans Sumatera pada malam hari kurang atau tidak aman. Namun untuk mudik lebaran tahun 2019 seharusnya kebiasaan atau budaya menyeberang dari Merak ke Bakauheni pada malam hari, bisa mulai diubah karena saat ini sudah ada tol Trans Sumatera yang siap beroperasi untuk melancarkan dan mempercepat perjalanan para pemudik.

Jalan tol Trans Sumatera jelas lebih aman untuk para pengendara karena para perampok atau penjarah yang terkenal dengan sebutan bajing loncat tidak mungkin masuk ke jalan tol. Selain itu, perjalanan juga menjadi jauh lebih cepat dan lancar. Jika lewat Jalan Raya Trans Sumatera, perjalanan dari Bakauheni ke Palembang harus menempuh waktu sekitar 12 jam, maka via tol Trans Sumatera cukup ditempuh dalam 5 – 6 jam saja.

Jadi dengan adanya tol Trans Sumatera, seharusnya budaya menyeberang malam hari dari Merak ke Bakauheni mulai ditinggalkan para pemudik. Tidak perlu ada lagi ketakutan untuk berkendara pada malam hari. Para pemudik bisa menyebarang kapan saja dari Merak ke Bakahuni. Bisa pagi hari, siang atau malam. Setibanya di Bakauhuni para pemudik bisa beristirahat sejenak dan kemudian melanjutkan perjalanan via tol Trans Sumatera baik pagi, siang atau malam hari tanpa harus kawatir urusan keamanan di perjalanan.

Saat ini, untuk mudik Lebaran 2019 Jalan Tol Trans Sumatera untuk pertama kalinya terhubung dari Lampung hingga Sumatera Selatan, melalui ruas tol Bakauheni-Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung-Palembang.

Loading...