Beranda News Pusiban TP PKK Perkuat Sinergi dengan BKKBN Provinsi Lampung

TP PKK Perkuat Sinergi dengan BKKBN Provinsi Lampung

125
BERBAGI

TERASLAMPUNG.COM — Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung Riana Sari terus memperkuat kerjasama  dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Lampung.

Hal itu diungkapkan Riana saat menghadiri acara Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXVI dengan didampingi oleh Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) Provinsi Lampung Uliantina Meity, perwakilan dari kabupaten/kota se- Provinsi Lampung, di Banjarmasin Kalimantan Selatan, Jumat (5/7/19).

“Dukungan terhadap program-progam BKKBN yakni Kependudukan,
Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) diharapkan dapat mewujudkan bangsa Indonesia yang berkarakter dan sejahtera. Oleh karena itu, kami akan terus bersinergi dan mendukung program-program BKKBN Lampung,” tutur Riana.

Selain itu, lanjut Riana, PKK sendiri mempunyai empat program kerja (Pokja) salah satunya yang berkaitan dengan dukungan program BKKBN itu terdapat pada Pokja IV yakni Mengelola Program Kesehatan, Kelestarian Lingkungan Hidup dan Perencanaan Sehat.

“Lalu, tugas-tugas dari Pokja IV yang berkaitan dengan program BKKBN diantaranya, meningkatkan budaya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta mewujudkan keluarga kecil, bahagia, sejahtera dengan melaksanakan program KB agar tercapai generasi yang sehat, cerdas dan tangguh,” jelas Riana.

Sementara itu, terkait Harganas, Riana menjelaskan, keluarga merupakan unit terkecil dalam masyarakat. “Sehingga, keluarga merupakan tempat penyemaian pertama untuk membentuk masyarakat yang kuat menghadapi permasalahan yang ada,” ujarnya.

Di sisi lain menurut dia, pentingnya kekuatan dan ketahanan keluarga sangat bermanfaat mengingat era informatika dan teknologi berkembang pesat. Era pemanfaatan teknologi tersebut saat ini lebih dikedepankan sehingga memiliki kerentanan dalam pertahanan keluarga dan lebih cenderung mengurangi interaksi langsung antar anggota keluarga.

“Pemanfaatan informasi dan teknologi penting, tapi jangan sampai mengurangi interaksi antaranggota keluarga. Interaksi dengan keluarga itu minimal makan bersama, menyalurkan hobi bersama, dan juga olahraga bersama,” kata dia.

Menurutnya, sebagai wahana pertama dan utama dalam sosialisasi nilai-nilai kehidupan, maka keluarga memiliki fungsi, yaitu agama, cinta kasih, perlindungan, ekonomi.

“Kemudian, sosial pendidikan, reproduksi, sosial budaya, dan lingkungan,” pungkasnya.

Riana Sari yang juga istri Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menambahkan, dengan menjalankan seluruh fungsi-fungsi keluarga tersebut maka akan tercapai keluarga yang berkualitas dan berketahanan sertaberkarakter yang nantinya akan menciptakan kesejahteraan.

Sebagai informasi, Puncak Harganas berlangsung di Banjarbaru, Kalimantan Selatan, pada Sabtu (6/7) yang juga diagendakan akan menghadirkan langsung Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Loading...