Beranda News Pilpres 2019 Tren Elektabilitas Jokowi-Ma’ruf Turun 0,1 Persen, Prabowo-Sandi Naik 0,4 Persen

Tren Elektabilitas Jokowi-Ma’ruf Turun 0,1 Persen, Prabowo-Sandi Naik 0,4 Persen

157
BERBAGI
Presiden Jokowi dianugerahi gelar Pendekar Utama oleh Ketua Umum IPSI Prabowo Subianto, ditandai dengan pemberian udeng, keris dan sertifikat (8/12/2016). Foto: Ist/Setpres

TERASLAMPUNG.COM — Lembaga Celebes Research Center (CRC) melansir elektabilitas pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin pada September 2018-Januari 2019 turun 0,1 persen, sementara Prabowo-Sandiaga Uno naik 0,4 persen.

Meskipun begitu, hasil sigi teranyar CRC menunjukkan bahwa elektabilitas Joko Widodo atau Jokowi – Ma’ruf Amin masih unggul atas Prabowo – Sandiaga Uno. Dalam survei itu, angka elektabilitas Jokowi – Ma’ruf 56,1 persen, Prabowo – Sandiaga 31,7 persen, sedangkan 12,2 persen belum menentukan pilihan.

“Ini hasil yang ditemukan dari pertanyaan (pada responden) tentang ‘seandainya pemilihan langsung presiden dan wakil presiden dilaksanakan pada hari ini, siapa pasangan yang akan dipilih?” kata Herman Heizer, Direktur Eksekutif CRC di kedai Bakoel Koffie, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu, 10 Februari 2019.

Survei ini juga menemukan tren elektabilitas Jokowi – Ma’ruf sejak masa kampanye dimulai pada September 2018 turun sebanyak 0,1 persen. Pada periode yang sama, tren elektabilitas Prabowo – Sandiaga naik sebanyak 0,4 persen.

Survei ini digelar pada 23-31 Januari 2019 dengan 1.200 responden yang memiliki hak pilih di seluruh provinsi di Indonesia. Metode yang digunakan ialah acak bertingkat (Multistage Random Sampling) dan memiliki toleransi kesalahan dugaan kurang lebih 2,83 persen. Survei ini juga menerapkan kontrol kualitas sebesar 20 persen dari total sampel.

Sebelumnya, dalam survei internalnya, kubu Prabowo mengklaim elektabilitas Prabowo – Sandiaga sudah semakin dekat dengan angka elektabilitas Jokowi – Ma’ruf. “Selisihnya secara nasional tinggal satu digit,” kata Koordinator juru bicara Prabowo – Sandiaga, Dahnil Azhar Simanjuntak, di Karanganyar pada Jum’at 8 Februari 2019.

Tempo.co

Loading...