Beranda Hukum Tudingan Korupsi Megawati oleh Wikileaks, PDIP akan Tempuh Jalur Hukum

Tudingan Korupsi Megawati oleh Wikileaks, PDIP akan Tempuh Jalur Hukum

246
BERBAGI
Megawati Soekarnoputri (dok kompasiana)

JAKARTA, Teraslampung.com- Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) berencana membawa ke jalur hukum, terkait tudingan Wikileaks yang menyebut Ketua Umum PDIP yang juga mantan Presiden, Megawati Soekarnoputeri terlibat korupsi pencetakan uang di Australia.

Ketua DPP PDIP Bidang Hukum, Trimedya Panjaitan, mengatakan, informasi yang dikeluarkan Wikileaks kemudian dikutip sindonews.com itu telah mencemarkan nama baik Megawati. Untuk itu, menurut dia, pihaknya bakal mengambil langkah hukum terkait tudingan Wikileaks.

“Kami coba pelajari, kami cari tautannya. Kami   akan mempertimbangkan langkah hukumnya. Kalau mencemarkan nama baik Ibu Mega, kita akan tempuh langkah hukum,” kata Trimedya, Rabu (30/7).

Situs antikerahasiaan WikiLeaks sebelumnya merilis perintah pencegahan pemerintah Australia untuk mengungkap kasus dugaan korupsi para tokoh dan pemimpin Asia. Dari beberapa tokoh itu, nama Presiden SBY dan Ketua Umum PDI-Perjuangan Megawati Soekarnoputri masuk dalam dokumen
yang dimiliki Wikileaks.

Menurut dokumen WikiLeaks tertanggal 29 Juli 2014 juga membeberkan keterlibatan keluarga dan politisi senior dari berbagai negara di Asia yang diduga ikut terlibat kasus korupsi yang mencapai jutaan dolar.

Kasus tersebut menyangkut dugaan korupsi proyek pencetakan uang kertas yang melibatkan dua perusahaan Australia yakni Reserve Bank of Australia dan Note Printing Australia.

Loading...