Beranda Ruwa Jurai Bandarlampung Tukang Ojek Tradisional Rencanakan “Sweeping” Gojek di Bandarlampung Sejak Sebulan Lalu

Tukang Ojek Tradisional Rencanakan “Sweeping” Gojek di Bandarlampung Sejak Sebulan Lalu

695
BERBAGI
Atribut pengemudi Gojek dibakar para tukang ojek di Bandarlampung, Minggu (14/5/2017).

TERASLAMPUNG.COM — Aksi kekerasan yang dilakukan para tukang ojek di Bandarlampung terhadap tukang ojek online (Gojek), Minggu (14/5/2017) merupakan akumukasi kemarahan para tukang ojek. Sejak sebulan lalu mereka sudah merencanakan untuk memberi pelajaran kepada pengemudi Gojek.

Berdasarkan pengakuan beberapa tukang ojek kepada Teraslampung.com, setidaknya sejak sebulan lalu para tukang ojek sudah menyiapkan diri untuk menyergap tukang ojek online.

“Kami sekarang sedang siap-siap menggebuk para tukang ojek online,” kata Miftah, bukan nama sebenarnya, kepada Teraslampung, belum lama ini.

Menurut Miftaf kehadiran Gojek di Bandarlampung membuat penghasilan para tukang ojek tradisional berkurang. Selain harganya lebih murah, pemesanan Gojek juga sangat mudah.

“Kami kalau bersaing dengan mereka tentu saja berat. Nggak mungkin kami mengantar pelanggan dari Telukbetung ke Unila hanya dengan ongkos 10 ribu,” kata dia.

Pengamatan Teraslampung.com gesekan antara pengojek tradisional dengan para pengojek online sudah terjadi sejak awal kehadiran Gojek di Bandarlampung. Para pengojek yang biasa menunggu penumpang di dekat Mal Boemi Kedaton, misalnya, selalu mengusir pengemudi Gojek saat pengemudi Gojek itu sedang menunggu pelanggan yang memesan jasanya.

“Padahal saya di sini tidak mangkal. Saya ke sini karena menjemput pelanggan. Pelanggan saya sedang siap-siap mau keluar dari MBK,” kata seorang pengemudi Gojek, saat diusir dari sekitar MBK Bandarlampung, beberapa waktu lalu.

Pada Minggu siang, para tukang ojek yang bergabung di Persatuan Ojek Bandarlampung (Polbal) memaksa pengemudi Gojek melepas jaket dan helm, di pelataran sebuah rumah makan di Enggal. Bandarlampung.

Para tukang ojek tetap merampas jakat pengemudi Gojek meskipun di jaket itu ad dompet berisi uang.

Pada Minggu siang, sejumlah atribut para pengemudi Gojek di pangkalan ojek Untung Suropati Bandarlampung. Video aksi itu kemudian diunggah netizen di Youtube dan menjadi viral di media sosial.

Loading...