Tundukkan Ghana 2-1, Portugal Tetap tak Tertolong

  • Bagikan
Cristiano Ronaldo
Cristiano Ronaldo (BBC)

BRASIL, Teraslampung.com  – Meski menang tipis 2-1 atas Ghana di Grup G Kamis malam (26/6), tim Portugal angkat kopor dari Brasil. Kemenangan itu tidak bisa menolong Portugal untuk lolos ke babak 16 besar karena dalam dua laga sebelumnye bermain seri. Dengan mongoleksi empat poin, Portugal kalah bersaing dengan AS karena perbedaan selisih gol. Sebaliknya, AS yang dikalahkan Jerman, tetap bisa melenggang ke babak 16 besar.

 Keunggulan Portugal dalam laga yang dihelat di Estadio Nacional de Brasilia tersebut terjadi di menit ke-30 lewat gol bunuh diri John Boye. Skor 1-0 bertahan hingga akhir babak pertama.

Pada babak kedua, Ghana berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-57 lewat tandukkan keras Asamoah Gyan. Namun kedudukan imbang tidak bertahan lama. Pada menit 80, Ronaldo membawa Seleccao kembali memimpin 2-1. Tiga menit berselang, Ronaldo kembali berpeluang mencetak gol. Memanfaatkan kemelut di depan gawang Ghana, Ronaldo yang mendapat sodoran bola melepas tendangan keras. Namun, bola masih bisa diamankan Dauda.

Ghana beberapa kali berhasil mengancam gawang Portugal yang kini dikawal Eduardo menyusul cederanya Beto. Beberapa peluang didapat Gyan cs, namun tidak satu pun berhasil dikonversi menjadi gol. Hingga akhir pertandingan skor tetap 2-1.

Sementara itu, pelatih Amerika Serikat Jurgen Klinsmann memuji keberhasilan timnya melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2014, meski kalah 1-0 dari Jerman di pertandingan pamungkas Grup G di Recife, Kamis (26/6) malam WIB.

Pelatih asal Jerman itu senang timnya bisa membuktikan bahwa anggapan banyak orang bahwa AS tidak akan lolos ke  babak fase grup atau 16 besar.

“Ini adalah capaian besar buat kami bisa lolos ke babak 16 besar. Kami ingin setidaknya menguasai permainan, dan mungkin di awal pertandigan, kami terlalu respek kepada lawan,” kata Klinsman.

Mantan pemain timnas Jerman itu mengakui secara keseluruhan, ada energi dan usaha besar dari semua orang di dalam tim. Ini adalah capaian besar kami bisa lolos dari fase grup.

“Setiap orang mengatakan kami tidak punya peluang lolos, tapi kami bisa memanfaatkan peluang itu. Sekarang kami ingin membuktikan sebuah poin penting,” ujarnya.

Amerika Serikat (AS) berhak menemani Jerman ke putaran kedua karena unggul selisih gol dengan Portugal, yang menang 1-0 atas Ghana. Keduanya memiliki empat poin. (fft/fifa.com)

Susunan Pemain:

Portugal: Beto, Alves, Pepe, Miguel, William, Ronaldo, Moutinho, Eder, Nani, Amorim, Pereira.
Cadangan: Eduardo, Rui Patricio, Vierinha, R. Costa, Neto, Rafa, Meireles, Varela, Almeida, A. Almeida, Postiga, Coentrao.

Ghana: Dauda, Gyan, Atsu, Badu, Ayew, Rabiu, Waris, Jonathan, K. Asamoah, Boye, Harrison.
Cadangan: S. Adams, Kwarasey, Inkoom, Opare, Essien, Acquah, J. Ayew, Adomah, Sumaila, Wakaso, Muntari, Prince.

  • Bagikan