Tunggu Keputusan Pusat, Penyelesaian Batas Wilayah Lampura Melenceng dari Target

Tugu batas wilayah Lampung Utara
Bagikan/Suka/Tweet:

Feaby Handana | Teraslampung.com

Kotabumi–Karena masih belum ada keputusan resmi dari Pemerintah Pusat mengenai batas Lampung Utara dengan tiga kabupaten lainnya, target penyelesaian mengenai batas wilayah terpaksa tidak tercapai pada tahun 2021 silam. Perbatasan yang masih belum rampung itu adalah perbatasan dengan Kabupaten Tulangbawang Barat, Lampung Barat, Lampung Tengah.

“Targetnya memang di akhir tahun lalu, persoalan mengenai perbatasan dapat diselesaikan. Tapi, ‎sayangnya target itu belum terpenuhi,” kata Kepala Bagian Tata Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Lampung Utara, Surya Ardianto, Selasa (18/1/2022).

‎‎Surya mengatakan, hal itu dikarenakan Pemerintah Pusat masih belum mengeluarkan keputusan yang mengatur tentang perbatasan antara Lampung Utara dengan ketiga daerah tersebut. Keputusan ini sangat penting karena akan menjadi pegangan mereka dan ketiga kabupaten lainnya untuk menentukan batas daerahnya masing – masing.

“Kami masih menunggu itu, tapi sampai sekarang masih belum dikeluarkan oleh Pemerintah Pusat,” terangnya.

‎Pada September 2021 silam, Pemkab Lampung Utara sempat menargetkan akan menyelesaikan persoalan perbatasan dengan ketiga kabupaten tetangga mereka. Targetnya, persoalan itu akan rampung pada tahun itu sesuai dengan batas waktu penyelesaian batas daerah yang ditetapkan oleh Pemerintah Pusat.

“‎Dari empat kabupaten yang berbatasan dengan Lampung Utara, satu di antaranya telah rampung mengenai batas – batasnya,” jelas Kepala Bagian Tata Pemerintahan di Sekretariat Daerah Kabupaten Lampung Utara, Surya Ardianto, Senin (20/9/2021).

Surya menuturkan, perbatasan ‎daerah yang telah rampung itu adalah perbatasan dengan Kabupaten Way Kanan. Sementara perbatasan yang masih belum rampung itu adalah perbatasan dengan Kabupaten Tulangbawang Barat, Lampung Barat, Lampung Tengah.

“‎Untuk perbatasan di tiga daerah lainnya saat ini masih dalam proses pembahasan tim dari Pemerintah Pusat,” kata dia.

Surya menjelaskan, ‎penyelesaian mengenai batas wilayah ini akan mereka upayakan rampung pada tahun ini. Penyelesaian batas wilayah ini ditujukan untuk kepentingan administrasi Lampung Utara termasuk administrasi kependudukan.

“Untuk luas wilayah Lampung Utara saat ini luasnya sekitar 2.762 Meter persegi,” katanya.

You cannot copy content of this page