Tuntut Ahok Ditahan, 24 Ormas Islam Lampung Unjuk Rasa di Bundaran Adipura

  • Bagikan

Zainal Asikin|Teraslampung.com

BANDARLAMPUNG — Ratusan umat Islam Lamung yang tergabung dalam 24 ormas Islam menggelar aksi damai di Bundaran Gajah (Tugu Adipura), Enggal, Jumat (25/11/2016) siang sekitar pukul 14.30 WIB. Mereka menuntut mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, yang ditetapkan tersangka karena diduga telah menistakan agama agar segera ditahan.

Pantauan teraslampung.com, ratusan umat islam dari 24 ormas islam di Lampung, berjalan kaki mulai dari depan Masjid Taqwa di Jalan Radin Intan menuju ke lokasi aksi di Tugu Adipura sembari membentangkan spanduk-spanduk yang bertuliskan desakan dan tuntutan.

Spanduk yang mereka bentangkan antara lain bertuliskan  “Tak rela negara hilang wibawa, gara-gara satu orang penista,”, “Islama anti makar!!! Dulu semua hidup tentram, tenang dan harmoni tapi semua berubah gara-gara satu orang penista”, “Indonesia Indah tanpa penista agama, tegakkan keadilan jangan mengulur waktu penjarakan Ahok”.

Aksi itu sempat membuat arus lalu lintas macet. Kemacetan terjadi hingga beberapa kilometer dari Jalan Teuku umar depan Taman Makam Pahlawan hingga menuju ke Jalan Radin Intan.

Agar tidak terjadi kemacetan yang cukup parah, petugas lalu lintas mengalihkan arus kendaraan ke beberapa jalur alternatif.

Untuk mengamankan jalan aksi damai yang dilakukan ratusan umat islam tersebut, sekitar 300 personil dari Polresta Bandarlampung bersama Polsekta Tanjungkarang Barat diterjunkan.

Di lokasi aksi, tampak terlihat Walikota Bandarlampung Herman HN, Wakapolda Lampung Kombes Pol Bonifasius Tampoi, dan Kapolresta Bandarlampung AKBP Murbani Budi Pitono. Mereka  berada sekitar Bundaran Gajah memantau jalannya unjuk rasa.

 

  • Bagikan