Beranda Ruwa Jurai Lampung Utara Tuntutan Dipenuhi Pihak Kimal, Warga Desa Madukoro Kembali Bisa Bercocok Tanam

Tuntutan Dipenuhi Pihak Kimal, Warga Desa Madukoro Kembali Bisa Bercocok Tanam

99
BERBAGI
Kepala Kimal Lampung Utara, Letkol. Laut Junaidi

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–‎Setelah hampir enam jam lamanya menunggu tanpa kepastian, warga Desa Madukoro, Kotabumi Utara, Lampung Utara akhirnya dapat sedikit bernapas lega. Tuntutan warga yang meminta agar dapat kembali bercocok tanam di atas tanah milik mereka akhirnya dipenuhi pihak Pemukiman Angkatan Laut (Kimal).

“Untuk sementara, portal – portal (yang menutup jalan) itu kami buka,” tegas Kepala Kimal Letkol. Laut, Junaidi‎ usai menghadiri pertemuan dengan Pemkab terkait tuntutan warga Desa Madukoro, sekitar pukul 15:00 WIB.

Junaidi menegaskan, sejatinya portal – portal yang mereka pasang itu bukanlah untuk menghalangi – halangi warga agar tak dapat bercocok tanam melainkan untuk mencegah adanya pencurian di wilayahnya. Namun, terkait lahan, ia mengaku tak mempunyai kewenangan dalam persoalan ini dikarenakan wewenangnya ada di tangan Mabes TNI AL.

“Kebijakan ini untuk mengamankan wilayah saja. Kalau memang masyarakat minta dibuka, ya kita buka,” tandasnya.

Dalam kesempatan ini, ia juga menepis anggapan bahwa warga Desa Madukoro dilarang bercocok tanah di atas tanah miliknya masing – masing. Klaim warga itu sama sekali tak berdasar karena selama ini warga tetap dibiarkan menggarap lahan mereka tanpa pernah dihalangi – halangi.

“Maslaah cocok tanam, selama ini kan mereka (memang) bercocok tanam di sana,” urai dia.‎