Beranda Ruwa Jurai Lampung Timur Ubah Stigma Begal, Inilah yang Dilakukan Para Pemuda Jabung di IJS

Ubah Stigma Begal, Inilah yang Dilakukan Para Pemuda Jabung di IJS

1205
BERBAGI
Ketua Ikam Jabung Say (IJS), Zainal Abidin saat berikan keterangan untuk menepis dan menghapus stigma begal yang selama ini melekat di wilayah Jabung, Lampung Timur.
Ketua Ikam Jabung Say (IJS), Zainal Abidin saat berikan keterangan untuk menepis dan menghapus stigma begal yang selama ini melekat di wilayah Jabung, Lampung Timur.

Zainal Asikin | Teraslampunga.com

BANDARLAMPUNG — Sekelompok pemuda asal Jabung Lampung Timur, membentuk sebuah organsasi yang diberi nama Ikam Jabung Say (IJS). Organisasi tersebut dibentuk, yakni untuk menepis dan menghapus stigma begal yang selama ini melekat di wilayah Jabung, Lampung Timur.

Organisasi IJS yang dibentuk sejak 15 januari 2017 lalu, memiliki tekat kuat untuk mengembalikan nama baik Jabung yang selama ini cukup terkenal hingga nasional, dikarenakan aksi yang dilakukan oleh pelaku begal dari Jabung yang beraksi di beberawa wilayah di Provinsi Lampung dan luar Lampung.

Ketua Ikam Jabung Say (IJS), Zainal Abidin mengatakan, organisasi IJS dibentuk karena keinginan masyarakat  Kecamatan Jabung untuk menepis stigma begal yang selama ini melekat di masyarakat Provinsi Lampung dan luar Lampung.

“Kami tidak memungkiri kalau begal itu memang dari jJbung, tapi itu kan tidak semuanya. Yang jelas, kami ingin adanya perubahan untuk wilayah Jabung. Jadi orang kenal Jabung itu bukan karena begalnya, tapi ada hal yang positif seperti kesenian, destinasi wisata, dan juga sejarahnya,” katanya, di Lampung Walk, Bandarlampung, Jumat 30 Maret 2018.

Zainal mengungkapkan, ada beberapa faktor kenapa anak-anak muda Jabung terdorong menjadi begal. Salah satunya adalah faktor ekonomi.

“Tetapi utamanya adalah masalah penyalahgunaan narkoba. Karena pergerakan narkoba yang masif, sehingga perbuatan kriminal pun semakin jadi,” katanya.

Meski belum adanya dukungan dari pemerintah, kata Zainal, dirinya sangat menyakini bahwa melaui organisasi IJS yang telah dibentuknya itu, dapat merubah stigma begal yakni dengan mengajak seluruh komponen anak-anak muda Jabung untuk berbuat kearah yang lebih baik lagi.

“Kami adakan rumah baca bergerak, menggandeng Armada Pustaka Lampung dan Polres Lampung Timur untuk membuat literasi. Karena literasi ini, untuk membuka jendela dunia. Selain itu juga ada bantuan usaha untuk para pemuda, agar mereka bisa mencari nafkah yang lebih baik lagi,”terangnya.

Dikatakannya, ada empat tujuan yang ingin dicapai organisasi IJS, yakni mengantisipasi isu hoax agar masyarakat bisa membedakan mana yang fakta dan tidak. Lalu antisipasi adanya ujaran kebencian, mendukung program Pemerintah dan Polri dalam menjaga kabtibmas dalam menyambut Pilkada serentak 2018 dan Pemilu 2019 mendatang serta meredam isu-isu sara.