Uji Coba Piala Dunia, Portugal Bungkam Irlandia 5-1

  • Bagikan
Cristiano Ronaldo ( 7) melakukan selebrasi setelah menjebol gawang Irlandia pada laga uji coba jelang Piala Dunia, di Stadion Let Live, New Jersey, Rabu dinihari, 11 Juni 2014. (Foto: dok independen.co.uk)

NEW JERSEY, Teraslampung.com – Kesebelasan Portugal unggul atas  tim Irlandia dengan skor telak 5-1 pada laga  uji coba menjelang Piala Dunia 2014 yang berlangsung di Stadion Met Life, New Jersey, Amerika Serikat, Rabu (11/6) pagi WIB.

Hanya beberapa detik setelah kickoff, bintang Real Madrid, Cristiano Ronald,  sudah menggebrak pertahanan Irlandia. Untungnya, karena penjaga gawang Irlandia,  David Forde, berhasil mengantisipasi bola dari jarak 34 meter di luar kotak penalti yang dilepaskan Cristiano Ronaldo.

Tak lama kemudian, pada menit keempat Hugo Almeida berhasil menyarangkan bola ke gawang Irlandia. Gol yang diciptakan anak buah Paulo Bento itu tercipta  berkat akselerasi  jitu Silvestre Varela dari sisi kiri pertahanan Irlandia. Varela bisa leluasa karena bek Irlandia, Simon Kelly, terlambat mengantisipasi bola kerja sama Varela dan Neto.

Varela pun dengan mudah memberikan bola lambung ke kotak penalti dan langsung disambar kaki  Hugo Almeida.

Irlandia hampir saja menyamakan kedudukan pada menit ke-12, ketika bola Alan Pearce disodorkan ke Meyler di sisi kiri pertahanan Portugal, tetapi bola yang dieksekusi Jonathan Walters dengan kaki kiri tidak membahayakan Rui Patricio yang bersiaga di bawah gawang Portugal.

Irlandia makin keteteran memasuki paro babak pertama. Pada menit ke-20 Robert Keogh kembali berhasil menjebol gawang David Forde. Gol ini tak lepas dari kepiawaian Ronaldo dengan akselerasinya yang jitu, lalu memberikan umpan kepada Keogh.

Portugal meraih gol ketiga yang lagi-lagi diberi andil oleh bola yang akurat hasil kerja keras Silvestre Varela dari sisi kanan, kali ini bola mampir ke kepala Ronaldo dan jatuh ke tanah, saat Almeida dan Forde berebutan mendekati bola liar, Almeida terlebih dahulu berhasil menceploskan bola sehingga kedudukan menjadi 3-0 bagi tim berjuluk Samba Eropa tersebut yang bertahan hingga babak pertama berakhir.

Pada menit ke 51,  gelandang Irlandia, James McClean, berhasil memperkecil kekalahan menjadi 1-3. James memanfaatkan kecerdikan Walter Hoolahan yang mengeksekusi tendangan bebas tetapi mengoper bola datar ke arah Mc Clean, gelandang Irlandia ini mengecoh Neto dan Ricardo Costa, sebelum akhirnya dengan kaki kiri bola dia lepaskan tanpa dapat dijangkau Rui Patricio di bawah gawang Portugal.

Portugal yang memang menguasai permainan selama babak kedua, terus melancarkan serangan. Serangan yang dibangun Hugo Almedia dan bekerja sama dengan Raul Meireles, dan Joao Moutinho itu membuahkan hasil pada menit ke-77 lewat kaki Vierinha. Kedudukan 4-1 membuat Irlandia makin keteteran.

Sementara itu, di kubu Portugal, kerja sama Nani kembali memberi ruang bagi gol terakhir Portugal sat beberapa kali umpan satu dua dan gerakan tanpa bola Nani, dan Ruben Amorim. Bola lalu diteruskan Nani ke Vierinha sebelum akhirnya mengumpan ke Silvestre Varela yang kemudian mengumpankan bola ke Fabio Contreao yang bebas di kotak penalti. Dengan sekali sentuhan tumit belakang,  bola mengalir pelan masuk tanpa dapat dihadang David Forde.

Pada Piala Dunia 2014, Portugal tergabung di Grup G bersama Jerman, Amerika Serikat dan Ghana. Sedangkan Irlandia tidak ikut ke Brasil 2014 karena tidak lolos dari kualifikasi Zona Eropa, Irlandia terakhir kali berpartisipasi pada kompetisi tertinggi sepak bola dunia tersebut saat digelar pada 2002 di Korea Selatan dan Jepang. (Dewira/fifa.com/bbc/independent.co.ud).

Susunan Pemain:

Irlandia
01 Forde
02 Kelly (Cox – 75′ )
17 Ward (Quinn – 67′ )
25 Hendrick
04 Keogh
24 Pearce Booked
07 McGeady (Doyle – 76′ )
08 Meyler
14 Walters (Long – 63′ )
20 Hoolahan (Keane – 63′ )
11 McClean Booked (Pilkington – 67′ )

Portugal:
12 Patricio
20 Amorim (Miguel Veloso – 81′ )
05 Fábio Coentrão
06 Carvalho
14 Neto (Pepe – 66′ )
13 Ricardo Costa
08 João Moutinho
16 Meireles (Almeida – 65′ )
09 Hugo Almeida (Postiga – 66′ )
18 Varela (Vieirinha – 73′ )
07 Ronaldo (Nani – 66′ )

  • Bagikan