Uji Kompetensi Pejabat Segera Dilaksanakan, Lima Pejabat Lampung Utara Ketar-Ketir

Kantor Pemkab Lampung Utara (Foto: © Teraslampung.com)
Kantor Pemkab Lampung Utara (Foto: © Teraslampung.com)
Bagikan/Suka/Tweet:

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–Lima pejabat Lampung Utara yang telah menduduki jabatan lebih dari lima tahu‎n pantas untuk ketar – ketir. Sebab, dalam waktu dekat, uji kompetensi para pejabat eselon II yang akan menjadi penentu keberlangsungan karier mereka dilakukan apakah akan dipertahankan atau malah sebaliknya.

Kelima pejabat tersebut ialah Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu‎ Satu Pintu (Sri Mulyana), Kepala Dinas Perhubungan (Basirun Ali),‎ Kepala Dinas Koperasi, UMKM, dan Perindustrian (Dina Prawitarini), Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Maya Natalia Manan), dan Kepala Badan Pengelola Retribusi dan Pajak Daerah (M. Saragih). Kelimanya diketahui telah menempati posisinya lebih dari lima tahun, sedangkan berdasarkan aturan yang ada, jabatan pimpinan tinggi hanya dapat diduduki paling lama lima tahun‎.

“Prioritas utama uji kompetensi ini memang untuk lima pejabat tersebut karena telah menempati jabatan lebih dari lima tahun,” kata Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Lampung Utara, Hairul Fadila melalui Kepala Bida‎ng Mutasi dan Promosi, Herman, Senin (7/11/2022).

Herman menjelaskan, ‎jika memang hasil uji kompetensi dari kelima pejabat tersebut menyatakan mereka tidak lagi layak untuk menempati suatu jabatan maka peluang pembebastugasan mereka terbuka lebar. Namun, yang berhak menentukan hal tersebut adalah panitia seleksi.

“Yang lebih dari lima tahun, ada potensi untuk itu walaupun semuanya tergantung dari hasil uji kompetensi yang diikuti,” paparnya.

Adapun‎ pelaksanaan uji kompetensi sendiri perkiraannya akan dilakukan pada medio atau akhir bulan ini. Rekomendasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara yang diwajibkan telah mereka kantongi. Han‎ya tinggal mencocokan jadwal pimpinan mereka dan panitia seleksi saja. Jika sudah maka uji kompetensi akan segera dilaksanakan.

“Jumlah pejabat eselon II yang akan uji kompetensi itu mencapai 32 pejabat,” jelas dia.

Herman mengatakan, pelaksanaan uji kompetensi akan berlangsung selama dua atau tiga hari. Uji kompetensi itu meliputi tes tertulis dan wawancara. Pelaksanaan uji kompetensi ‎akan digelar di Bandarlampung. Sementara jumlah anggota panitia seleksi sendiri mencapai sembilan orang.

“Panitia seleksinya di antaranya berasal dari kalangan akademisi, perwakilan Pemerintah Provinsi Lampung, Pemkab Lampung Utara, dan dari pihak Kementerian Dalam Negeri,” katanya.