Beranda Pendidikan Ujian Nasional SMA-SMK di Lampung: Lancar, 280-an Siswa Mengundurkan Diri

Ujian Nasional SMA-SMK di Lampung: Lancar, 280-an Siswa Mengundurkan Diri

731
BERBAGI

Bandarlampung, Teraslampung.com—Pelaksanaan ujian nasional (UN) SMA dan SMK di sejumlah daerah di Lampung berlangsung lancar.

Di Way Kanan, kedatangan soal ujian maupun waktu pelaksaan UN berlangsung sesuai jadwal. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Waykanan Gino Vanolie berharap, kelancaran pelaksanaan UN bisa berpengaruh positif terhadap hasil UN.

“Harapan kami tentunya para siswa tidak sekadar lulus, tetapi juga memeroleh nilai bagus dan lebih baik dibanding tahun lalu,” kata Gino Vanolie, di Blambangan Umpu, Way Kanan, Senin (14/4).
 
Menurut Gino, tahun ini jumlah pelajar SMA yang mengikuti UN di Way Kanan sebanyak 2.336 siswa. Sementara untuk Madrasah Aliyah (MA) 544 siswa dan SMK 1.252 siswa.
 
Rinciannya, jumlah sekolah SMA 31, 24 penyelenggara, 7 sekolah menggabung, pelajar jurusan IPA 853 dan IPS 1.326. Lalu untuk MA 16 sekolah yang menjadi penyelenggara, dan 1 sekolah menggabung, pelajar jurusan IPA 42 dan IPS 502 total 544.

“Untuk SMK, 13 menjadi penyelenggara dan 1 sekolah menggabung, jumlah seluruh siswa dari 12 program keahlian 1.252 orang,” kata Gino.

Di Bandarlampung, pelaksanaan UN SMA/SMA juga lancar. Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandarlampung, Sukma Wijaya, mengatakan pelaksanaan UN SMA dan SMK di Bandarlampung tahun ini lebih baik dibanding tahun-tahun sebelumnya. Meskipun beberapa hari lalu beredar rumor bocoran soal di media sosial, menurut Sukma, hal itu tampaknya tidak memengaruhi para siswa.

“Para siswa saya yakin cerdas. Mereka tidak mudah diipengaruhi oleh isu-isu yang tidak jelas,” kata dia.

Sementara itu, berdasarkan daftar nominatif tetap (DNT) jumlah peserta UN SMA sederajat di Provinsi Lampung, diketahui ada 280 siswa SMK/SMK yang tidak mengikuti. Hingga kini alasan para siswa tidak ikut UN belum jelas.

“Total peserta UN SMA dan SMK di Lampung ada i 86.011 siswa. Sebanyak 280an siswa SMA/SMK mengundurkan diri sehingga tidak mengikuti UN yang mulai dilaksanakan hari ini. Alasannya macam-macam. Hal itu juga terjadi pada tahun lalu,” kata Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Lampung, Tauhidi, Senin (14/4).

Menurut Tauhidi, jumlah 280-an tersebut berdasarkan laporan dari beberapa kabupaten dan kota di Lampung hingga Minggu (13/4). Perinciannya: Ssebanyak 181 siswa SMK dan 99 siswa SMA mengundurkan diri dan tidak ikut UN.

“Jumlahnya  bisa lebih banyak, sebab belum semua kabupaten melaporkan jumlah siswa SMA/SMK yang tidak ikut UN,” kata dia. (Syailendra Arif/Siti Qodratin)

Loading...