Beranda News Pers UKJ TV, 13 Jurnalis Lampung Dinyatakan Kompeten

UKJ TV, 13 Jurnalis Lampung Dinyatakan Kompeten

196
BERBAGI
Peserta UKJ TV Pengda IJTI Lampung foto bersama tim penguji, Minggu (9/4/2017).

Zainal Asikin|Teraslampung.com

BANDARLAMPUNG — Sebanyak 13 jurnalis televisi yang bekerja di media nasional dan lokal dinyatakan lulus dan kompeten oleh tim penguji dari IJTI Pusat pada Uji Kompetensi Jurnalis Televisi (UKJ TV) yang digelar perdana oleh ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Pengda Lampung yang berlangsung pada 7-9 April 2017 di Aula Tapis Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung.

Kelulusan dari 13 jurnalis tersebut, berdasarkan hasil penilaian yang dilakukan oleh empat tim penguji yakni Jamalul Insan, Moebanoe Moera, Machsus Thamrin, dan Heri Kurniawan dalam uji kompetensi.

Selama mengikuti proses UKJ TV, para peserta diwajibkan mengikuti ujian yang sudah ditentukan mulai praktik, wawancara, chek call nara sumber, hingga pendalaman materi tentang UU Pers, kode etik jurnalis dan P3SPS. Selain itu, untuk level Madya dan Utama  diuji sesuai dengan tugas kesehariannya bekerja.

Ketua Bidang Kompetensi dan Diklat IJTI, Jamalul Insan mengatakan, kepada 13 jurnalis di Lampung yang telah dinyatakan kompeten, baik tingkat muda, madya maupun utama agar dapat selalu menjaga integritas sebagai jurnalis.

“Uji kompetensi ini, untuk memotret apakah jurnalis televisi baik itu yang bekerja di level pemimpin redaksi, produser dan reporter di daerah berkompeten atau tidak,”ungkapnya, Minggu (9/4/2017).

Kang Jamal, sapaan akrab Pemred dari salah satu TV nasional ini, mengatakan IJTI adalah lembaga penguji jurnalis televisi yang sudah mendapatkan legalisasi dari dewan pers.

“IJTI lembaga satu-satunya, yang mendapat izin dari kementerian tenaga kerja untuk mengeluarkan sertifikat kompetensi jurnalis televisi, baik perguruan tinggi dan SMK yang berkaitan pertelevisian,”jelasnya.

Ketua Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Pengda Lampung, Aris Susanto mengatakan, ia berharap kepada para jurnalis televisi lainnya, agar dapat mengikuti uji kompetensi hingga dinyatakan kompeten sebagai jurnalis televisi.

Menurutnya, dari 15 peserta yang rencananya akan mengikuti UKJ TV tersebut, hanya 13 orang jurnalis televisi yang hadir. Sedangkan untuk dua orang lainnya berhalangan, sehingga pada saat pelaksanaan kegiatan keduanya tidak dapat mengikuti uji kompetensi tersebut.

“Melalui uji kompetensi dan seleksi ketat dari penguji, semua peserta sebanyak 13 jurnalis baik yang bekerja di media nasional maupun lokal dinyatakan lulus mengikuti UKJ TV,”ujarnya.

Aris juga menyampaikan, pihaknya mengucapan terima kasih kepada semua pihak, yang telah membantu kelancaran dalam pelaksanaan UKJ TV terutama untuk Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung, Pemkab Lampung Tengah, dan kepolisian.

“Kami sebagai pegurus IJTI Pengda Lampung menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang sudah memberikan support dengan terlaksananya UKJ TV ini,”ungkapnya.

Loading...