Beranda Pendidikan Kampus UKM Assalam IBI Darmajaya Lahirkan Kader Berkualitas

UKM Assalam IBI Darmajaya Lahirkan Kader Berkualitas

106
BERBAGI
Para penggiat UKM Assalam IBI Darmajaya

BANDARLAMPUNG, Teraslampung.com –Ingin menciptakan kader-kader berkualitas, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Assalam Darmajaya menyelenggarakan orientasi pengurus di Youth Camp Lampung Selatan, Jumat (28/11). Tak hanya sekedar bergabung dan ikut-ikutan, melalui kegiatan ini UKM Assalam ingin membentuk organisator militan yang mampu menjalankan roda organisasi dengan baik.

Pengurus UKM Assalam dibidang kaderisasi, Inda Frry Mahendro, mengatakan orientasi pengurus diikuti 50 mahasiswa baru yang tergabung dengan UKM Assalam. Mengusung tema  “Membentuk kader militant yang berakhlak mulia”.

Selain menjalin komunikasi dan keakraban antar pengurus, pada orientasi pengurus ini UKM Assalam membekali kader baru dengan ilmu keorganisasian.

“Orientasi pengurus berlangsung tiga hari sampai Minggu (30/11). Disini kami akan memberikan wawasan kepada kader baru bagaimana menjadi organisator yang handal dan kompeten dalam menjalankan organisasi. Banyaknya program kerja Assalam yang akan ditingkatkan, kami membutuhkan kader-kader yang kompeten” katanya.

Kader berkompeten yang dimaksud adalah memiliki mental militan, pantang mengeluh, pantang menyerah, dan pantang menjadi beban. Menurut Inda slogan inilah yang kerap ditanamkan kepada kader-kader Assalam untuk membangkitkan semangat berorganisasi. Sikap ini, kata dia, masih harus diimbangi dengan karakter dan akhlak yang baik sesuai visi misi Assalam.

“Kami tidak mengedepankan kuantitas, tetapi lebih ke kualitas. Karenanya kami terus berupaya melahirkan kader yang tak hanya sekedar ikut-ikutan berorganisasi, tetapi benar-benar memiliki komitmen untuk berbuat dan memajukan organisasinya.” ujar majasiswa jurusan Teknik Informatika ini.

Diakuinya tidak mudah membentuk kader yang militan, perlu proses dan penanaman nilai-nilai motivasi dalam diri mahasiswa. Menurutnya sebelum bergabung dengan organisasi, seorang kader harus terlebih memahami alasan atau motivasi kader bergabung.

“Jika mereka memiliki dasar kuat untuk bergabung dengan organisasi, maka dia akan memiliki komitmen yang kuat dibandingkan mereka yang hanya sekedar ikut-ikutan. Dengan orientasi pengurus ini, mudah-mudahan kami bisa melahirkan kader-kader handal yang siap memajukan UKM Assalam menjadi lebih baik ” tandasnya.

Sementara itu Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Pengembangan Sumber Daya, Novita Sari, Sos.MM., mengatakan organisasi menjadi wadah yang sangat baik dalam penempaan mental dan karakter mahasiswa. Di organisasi mahasiswa akan mendapatkan pengalaman, bagaimana dipimpin dan memimpin, memanajerial waktu dan keuangan, serta ilmu lainnya yang belum tentu bisa didapatkan diperkuliahan.

“Karenanya ketika mahasiswa bergabung di sebuah organisasi, hendaknya memiliki komitmen yang kuat untuk aktif didalamnya, tak hanya sekedar coba-coba apalagi hanya ikut-ikutan. Di samping itu sebagai kader juga harus bersikap konsisten untuk memajukan organisasinya menjadi lebih baik dan berperan nyata bagi masyarakat,” katanya.

Loading...