UKM Pramuka PTML Ikut Kembranas VI di Samarinda

Bagikan/Suka/Tweet:
Adi Firnando dan Septy Herfina

BANDARLAMPUNG, Teraslampung.com — Perguruan Tinggi Mitra Lampung (PTML) mengutus dua orang peserta dari UKM Pramuka PTML, Adi Firnando dan Septy Herfina, pada ajang  Kemah Bakti Racana Nasional (Kembaranas) VI, 20 Oktober – 27 Oktober 2015 di Universitas Mulawarman (Unmul), di Samarinda,Kalimantan Timur.

Kembrans adalah kegiatan pramuka tingkat universitas yang digelar setiap dua tahun sekali. Dimulakan sejak 2005, edisi keenamnya berlangsung di Kaltim dengan Unmul sebagai tuan rumah. Digelar hingga 26 Oktober, konsentrasi kegiatan terbagi pada dua daerah, yakni Desa Embalut, Kukar, dan di lingkungan Unmul.

Menurut Adi, ada  55 perguruan tinggi yang ikut kegiatan ini. Pelaksanaan kegiatan lebih condong kepada aspek bakti sosial kepada masyarakat. Sedangkan rangkaian kegiatan terbagi dalam dua sesi, yakni fisik dan nonfisik. Yang dimaksud fisik adalah membangun gapura, penanaman pohon, dan penghijauan, dan membuat tugu.

Selanjutnya, kegiatan nonfisik salah satunya seminar, donor daerah, sunatan massal, hingga pentas seni yang mempertunjukkan budaya khas Kaltim. Kegiatan tersebut berpotensial menghasilkan karya konkret dari para peserta. “Karena yang melaksanakan adalah kalangan intelektual dari seluruh Indonesia,” jelas Adi.

Adi bersama Septy  seusai penutupan esok hari (26/6), akan langsung kembali ke Lampung. Selama di Kembranas mereka berdua terpisah dalam kelompok berbeda di beberapa desa bakti dan tinggal home stay di perkampungan penduduk, berbaur  bersama dengan utusan dari provinsi lainnyaa.

Kegiatan tersebut sebagai wadah pembentukan karakter berkebangsaan. Kegiatan yang ada di dalamnya berhubungan dengan kedisiplinan, di mana pramuka adalah salah satu wadahnya.

Kemenristek Dikti akan terus mendukung semua kegiatan yang menyangkut minat dan bakat peserta didik perguruan tinggi sebagai dasar pembangun NKRI yang kukuh.

Wakil Ketua III PTML Ir. Affan Zaldi Erya, Kembaranas sebagai ajang peserta mengenal lebih dekat dan bersosialisasi dengan utusan dari seluruh Indonesia. “Kegiatan ini akan memberi wawasan tambahan peserta. Selama sesuai dengan aturan, kami akan mendukung seluruh kegiatan mahasiswa,” pungkas dia.