Beranda Teras Berita Ulang Tahun AJI: Endri dan Udo Z.Karzi Raih Penghargaan Saidatul Fitria dan...

Ulang Tahun AJI: Endri dan Udo Z.Karzi Raih Penghargaan Saidatul Fitria dan Kamaroedin

175
BERBAGI
Ketua AJI Bandarlampung menyerahkan penghargaan Saidatul Fitria

BANDARLAMPUNG, Teraslampung.com– Endri dari harian Editor memperoleh penghargaan Saidatul Fitria 2014 dari AJI Bandarlampung. Sementara Udo Z. Karzi, jurnalis Lampung Post yang juga dikenal sebagai esais dan penjaga budaya Lampung mendapatkan anugerah Kamaroedin 2014.

Penyerangan kedua penghargaan itu digelar dalam acara malam resepsi ulang tahun ke-20 AJI Indonesia dan ultah ke 13 AJI Bandarlampung, di Kafe Rumah Putih, Gotong Royong, Bandarlampung, Sabtu malam (6/9).

Hadir dalam acara tersebut antara lain Kabid Humas Polda Lampung AKBP Sulistyaningsih, Kadiskominfo Kota Bandarlung Sidik Ayogo (mewakili Walikota Herman HN), Ketua KPU Lampung Nanang Trenggono, Ketua Bawalu Lampung Fatikhatul Khoiriyah, Kasipenkum Kejati Lampung Yadi Rachmat, keluarga Kamaroedin, sejumlah anggota DPRD Provinsi dan Kota Bandarlampung, para aktivis NGO, seniman, dan  jurnalis.

Ketua AJI Bandarlampung Yoso Mulyawan mengatakan, penghargaan Saidatul Fitria diberikan kepada jurnalis di Lampung yang karyanya dinilai bagus secara jurnalistik dan memiliki dampak luas bagi publik. Sedangkan penghargaan Kamaroedin diberikan kepada tokoh yang dinilai berjasa besar di bidang tertentu dan turut mendorong kemajuan jurnalisme, keterbukaan informasi, dan demokratisasi.

“Ini adalah penghargaan ketujuh kalinya yang diberikan AJI Bandarlampung. Pada tahun-tahun mendatang AJI Bandarlampung masih bisa melanjutkan program ini dengan kualitas yang lebih baik lagi,” kata Yoso.

Sementara itu, H.S. Tisnanta, ketua juri Penghargaan Saidatul Fitria dan Kamaroedin 2014, mengatakan Endri dipilih karena karyanya tentang kehidupan pekerja seks komersial di Tanggamus menggambarkan secara detail sosok PSK yang berhenti menjadi PSK dan akhirnya kembali menekuni pekerjaaan sebagai PSK.

“Berita tentang PSK itu ditulis secara beberapa kali, intens, dan berdampak bagi publik. Berita Endri juga menjadi kritik bagi masyarakat,” kata dosen di Fakultas Hukum Unila itu.

Menurut Tisnanta, dewan juri yang terdiri atas dirinya, Budisantoso Budiman (LKBN Antara), dan Fadilasari (Metro TV) sepakat memilih Udo Z. Karzi karena Udo dinilai setia menjaga budaya Lampung lewat sejumlah pemikirannya yang ditulis di Lampung Post dan buku.

Pada sesi obrolan santai, sejumlah undangan menyampaikan masukan dan kritikaannya untuk AJI Bandarlampung dan para jurnalis di Lampung. Antara lain Nanang Trenggono, AKBP Sulistyaningsih, Renvi Liansari (aktivis perempuan), Abi Hasan Mu’an (pengacara), Wiyadi (anggota DPRD Bandarlampung), Tulus Purnomo (anggota DPRD Lampung), dan Hertanto (dosen Fisip Unila).

Loading...