Beranda Pendidikan Kampus UMI Makassar Lakukan Pendampingan Usaha bagi Industri Rumahan

UMI Makassar Lakukan Pendampingan Usaha bagi Industri Rumahan

26
BERBAGI

TERASPENDIDIKAN.COM —  Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassaar terus berbenah demi menjaga prestasi yang disandangnya. UMI saat ini menjadi perguruan tinggi dengan predikat terbaik berdasarkan hasil akreditasi dari Kemenristek yaitu “A”. Untuk mempertahankan hal tersebut, semua program direncanakan dan dikerjakan dengan sangat baik terutama yang bersentuhan langsung dengan pengabdian masyarakat.

Menurut Dr. Tenriwaru,SE.,M.Si.,Ak.CA, dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UMI, salah satu kegiatan pengabdian masyarakat yang sering dilaksanakan adalah Program Kemitraan Masyarakat (PKM) melalui Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat (LPKM) UMI. Kegiatan tersebut adalah pendampingan pembuatan rencana usaha dan study kelayakan usaha bagi industri rumahan (home industry) sejahtera bersama Sambau, jelas Tenri.

“Dosen selalu dituntut untuk menjalankan tri dharma perguruan tinggi meliputi pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masayarkat. Dosen adalah abdi masyarakat,” kata doktor akuntansi bidang Corporate Social Responsibility (CSR), Rabu 18/09/2019.

Dr. Ratna Sari.SE.MSi.Ak.CA , penanggungjawab kegiatan menyampaikan bahwa tujuan kegiatan ini untuk memperkenalkan kepada ibu-ibu wirausaha yang tergabung dalam kelompok home industry Sambau mekanisme dalam menyusun perencanaan usaha yang baik.

“Dengan begitu ereka mampu mengenali potensi dan kelemahan yang mereka alami selama menggeluti usaha pembuatan kripik, kue tradisional dan aneka jenis kue yang mereka produksi,” katanya.

“Setelah kegiatan ini kita harapkan para ibu-ibu pelaku home industry juga bisa mengakses pendanaan pada lembaga-lembaga keuangan formal seperti pinjaman ke bank untuk pengembangan usaha. Kerena kita juga memberi pembekalan mengenai sistem pencatatan akuntansi secara sederhana untuk usaha mereka,” imbuh dosen pengampu mata kuliah audit di Jurusan Akuntansi FEB UMI.

Kegiatan pendampingan pembuatan rencana usaha dan study kelayakan usaha home industry digelar di Padang Lampe, Kecamatan Ma’rang, Kabupaten Pangkep. Hadir sebanyak 15 peserata yang terdiri dari anggota home industry Sambau. Salah satu peserta sangat mengapresiasi kegiatan pengabdian masyarakat yang diselenggarakan oleh LPKM UMI.

Menurutnya,  dengan PKM ini mereka memiliki pemahaman awal mengenai cara merencanakan usaha dengan metode perencanaan strategis yaitu analisis SWOT. Begitu pula dengan perhitungan finansial kelayakan bisnis mereka, ucap Hj. Wahidah sebagai Ketua Home Industry Sambau kepada Dr. Tenriwaru selaku Ketua Pelaksana.

sumber: teraspendidikan.com

Loading...