Beranda Ekbis Bisnis UMKM Go Online, Pedagang Pasar Panjang Bandarlampung Dibantu Berjualan di Marketplace

UMKM Go Online, Pedagang Pasar Panjang Bandarlampung Dibantu Berjualan di Marketplace

137
BERBAGI
Relawan pandu digital sedang mambantu pedagang pakaian di Pasar Panjang membuat akun di marketplace.
Relawan pandu digital sedang mambantu pedagang pakaian di Pasar Panjang membuat akun di marketplace.

TERASLAMPUNG.COM — Hari pertama Gerakan UMKM Go Online, Kamis (31/10/2019), mendatangi Pasar Panjang, di Kota Bandarlampung. Sebanyak 20 relawan pandu digital disebar untuk membantu para pedagang berjualan di marketplace.

Menurut koordinator UMKM go online, Rifky Indrawan, target kegiatan ini di Pasar Panjang sedikitnya ada seratus pedagang memiliki akun di marketplace.

“Kami menargetkan ada 100 pedagang punya akunt di marketplace tepatnya di Bukalapak. Kita harapkan ke depan para pedagang itu bisa berjualan tidak hanya offline tapi online juga,” kata dia, di Pasar Panjang, Kamis,  31 Oktober 2019 .

Lebih lanjut dia menambahkan, pada proses pembuatan akun pedagang, masih ada kendala antara lain pedagang tidak menggunakan gawai (smart phone) atau tidak membawa KTP.

“Dari pengalaman temen-temen relawan pandu digital, ada pedagang yang tidak punya gawai. Yang ini bagaimana mau didaftarkan karena gawai syarat utama untuk berjualan online. Ada juga yang tidak membawa KTP, nah kalau yang ini masih bisa kita daftarkan pada esok hari,” kata Rifky Indrawan.

Tidak memiliki gawai dan tidak membawa KTP sebagai alat verifikasi bagi relawan diakui oleh salah seorang relawan pandu digital, Panji. Dari proses kerjanya kendalanya masih ada pedagang yang tidak menggunakan gawai dan tidak membawa KTP.

“Bagaimana kami bisa membantu mendaftarkan pedagang itu ke Bukalapak kalau dia gak pakai smart phone. Lalu ada juga yang tidak membawa KTP, ini juga masalah karena alat verifikasi bagi kami adalah memfoto KTP pedagang,” jelasnya.

Sementara itu salah seorang pedagang toko asesoris, Engki Saputra, mengaku senang dengan kehadiran relawan padu digital ke tokonya dan membantu membuatkan akun di Bukalapak.

“Kondisi ekonomi yang kaya sekarang ini segala usaha saya kerjakan. Selain berdagang, saya juga menjadi tukang ojek online dan baru buka lagi cukur rambut. Dengan adanya bantuan berjualan di Bukalapak ya saya sangat senang,” katanya.

Jenis usaha yang bisa didaftarkan di Bukalapak yang dibantu relawan pandu digital itu adalah elektronik, fesyen, suvenir,  otomotif, alat rumah tangga, dan makanan kering.

Dandy Ibrahim

Loading...