Beranda Pendidikan Unila Bantah Alami Krisis Keuangan

Unila Bantah Alami Krisis Keuangan

393
BERBAGI
Juru bicara Unila, Nanang Trenggono dan Kahfie Nazarudin (tengah), serta Kepala Humas Unila Suratno (kanan) menjelaskan soal UKT dan kondisi keuangan Unila, Rabu (19/8/2020).
Juru bicara Unila, Nanang Trenggono dan Kahfie Nazarudin (tengah), serta Kepala Humas Unila Suratno (kanan) menjelaskan soal UKT dan kondisi keuangan Unila, Rabu (19/8/2020).

TERASLAMPUNG.COM — Juru bicara Universitas Lampung (Unila) Nanang Trenggono mengkarifikasi soal adanya pemberitaan di salah satu surat kabar di Bandarlampung tentang kondisi keuangan Unila yang dikabarkan “oleng”.

Nanang menegaskan tidak benar keuangan Unila krisis atau oleng.

“Kondisi keuangan Unila tetap baik,” kata Nanang, saat konferensi pers di Gedung Rektorat Unila, Kampus Gedongmeneng, Bandarlampung, Rabu (19/8/2020).

Kahfie Nazaruddin, juga juru bicara Unila, menambahkan ada mekanisme dari perbankan yang mengharuskan jika menarik uang dalam jumlah banyak disarankan Unila harus berkirim surat ke OJK pada tanggal 26 Mei 2020 dan 11 Juni 2020 agar ada justifikasi finansial.

“Semua itu bagian dari proses pencairan surat menyurat antara OJK dan Unila.Bagian ini harus dilewati karena menarik uang dalam jumlah banyak di bank,” katanya.

Menurut Kahfie, Unila pada Juli 2020 lalu sudah membayarkan remunerasi kepada para dosen. Juli tahap pembayaran pertama dan sudah selesai serta rencananya pada hari ini akan diberikan remunerasi ke 13. Sedangkan pembayaran tahap kedua pada November dan Desember 2020.

“Hari ini kami menyatakan bahwa keuangan Unila normal dan tidak oleng,” jelasnya.

Keuangan Unila, kata Kahfie, normal dan berjalan sebagaimana mestinya.Bahkan remunerasi sudah dibayarkan artinya Unila keuangannya normal dan uangnya ada.

Kahfie juga menjelaskan soal strategi Unila dimasa pandemi Covid-19.

“Strateginya ketika penghasilan kita dikurangi dan droping dari pusat masih ada. Rektor Unila baru saja melantik badan usaha pengelola Unila. Wisma Dahlia, misalnya, kini sudah ada kerjasama dengan jaringan online Redoors. Rusunawa bagi mahasiswa dengan paket hemat serta agrowisata melon yang ada di Unila. Selain itu jika dosen ada yg mengerjakan pekerjaan diluar diharuskan memberikan fee 10 persen ke Unila,” katanya.

Mas Alina Arifin