Beranda Pendidikan Kampus Unila dan BNP2TKI Berikan Pembekalan bagi 115 Mahasiswa KKN Tematik

Unila dan BNP2TKI Berikan Pembekalan bagi 115 Mahasiswa KKN Tematik

395
BERBAGI
Pembekalan bagi para mahasiswa Unila peserta KKN Tematik.

TERASLAMPUNG.COM — Universitas Lampung (Unila) dan Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI)  memberikan pembekalan informasi program Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (P2PMII) bagi 115 mahasiswa perserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Lampung, di Gedung Rektorat Unila, Rabu-Kamis, 18-19 Juli 2018.

Menurut Deputi Penempatan BNP2TKI, Teguh Hendro Cahyono, kerjasama sosialisasi melalui KKN Tematik ini merupakan tindak lanjut nota kesepahaman dengan Kemenristek Dikti dan kerjasama lanjutan menilik keberhasilan program serupa yang digulirkan tahun 2017 lalu dengan Unila dan Perguruan Tinggi lainnya.

“Kenapa kita bekerjasama melalui KKN Tematik, karena kita sadar tidak mempunyai cukup Sumber Daya untuk dapat masuk ke seluruh desa – desa terutama daerah potensial PMI terlebih ke daerah-daerah basis Komunitas Keluarga Buruh Migran (KKBM) yang sudah dibentuk di Lampung sehingga program yang satu dan lainnya dapat bersinergi. Mahasiswa bisa berinteraksi dengan masyarakat, jika ada masyarakat yang berkeinginan menjadi PMII bisa disampaikan proses dan prosedur bekerja ke Luar Negeri” ujar Deputi Penempatan di Ruang Rapat Rektorat Unila, Rabu (18/07).

Menurutnya, kerjasama ini harus dilakukan secara serius mengingat hal ini dapat menjadi bentuk latihan dari mahasiswa untuk masuk ke lingkungan masyarakat dengan potret dan kondisi yang riil.

BNP2TKI berharap mahasiswa mempunya peran yaitu sebagai agen perubahan, sosial kontrol, aset dan teladan dengan berbekal ilmu dan teknologi untuk dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan PMI.

Teguh menjelaskan, BNP2TKI adalah lembaga non-kementerian yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden. Secara sederhana tugas BNP2TKI adalah mengurus PMI mulai dari memberikan informasi kepada calon PMI, memfasilitasi penyiapan dokumen, sampai dengan berangkat ke luar negeri hingga selesai kontrak dan kembali ke Indonesia.

Rektor Unila, Hasriadi Mat Akin, mengungkapkan KKN Tematik merupakan bentuk nyata Tri Darma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian pada masyarakat.

“Salah satunya, Unila berkarya dan berinovasi untuk bangsa, membawa misi untuk berkontribusi ditengah-tengah masyarakat menyampaikan informasi tertentu, dalam kesempatan ini mengenai permasalahan PMI, bekerjasama dengan BNP2TKI,”kata dia.

Pada hari pertama kegiatan pembekalan, Direktur Promosi BNP2TKI, Dwi Anto berkesempatan memberikan pembekalan kepada mahasiwa tentang peluang kerja luar negeri dan peningkatan kualitas calon PMI beserta mekanisme keberangkatan.

Dari sisi perlindungan, Direktur Mediasi & Advokasi BNP2TKI, Wisantoro berbagi pengetahuannya tentang Perlindungan Tenaga Kerja Luar Negeri (TKLN) secara utuh, sementara itu Direktur Pelayanan Penempatan Pemerintah BNP2TKI, Hariyadi Agah menginformasikan mekanisme, persyaratan dan biaya yang diperlukan dalam penempatan PMI serta Kepala Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Lampung, Ahmad Salabi tentang layanan program P2PMI di BP3TKI Lampung yang meliputi layanan informasi, konsultasi dan pendampingan.

Kegiatan di hari pertama ditutup dengan materi Dinamika kelompok dimana mahasiswa mendiskusikan tentang materi – materi hari ini (18/07) serta melakukan simulasi bagaimana cara menyampaikan program P2PMI kepada masyarakat.

Terjun Kekantong PMI

Setelah dilakukan pembekalan P2PMI, 115 mahasiswa pada saat KKN akan diterjunkan ke ke daerah-daerah basis Komunitas Keluarga Buruh Migran (KKBM) seperti Kec. Bangun Rejo Lampung Tengah, Kec. Sekampung, Kec. Purbolinggo, Kec. Metro Kibang Kab. Lampung Timur, Kec. Kedondong Kab. Pesawaran serta Kec. Palas Kab. Lampung Selatan selama kurang lebih 40 hari.

Selama melakukan KKN, para mahasiswa akan menyampaikan Program Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia kepada masyarakat serta memberikan Layanan Informasi dan Konsultasi terkait penempatan tenaga kerja luar negeri. BNP2TKI melalui BP3TKI Lampung akan melakukan monitoring dan pendampingan dibeberapa lokasi pelaksanaan kegiatan.

Loading...