Unila Dukung Kerjasama Program “New Colombo Plan”

Bagikan/Suka/Tweet:

BANDARLAMPUNG, Teraslampung.com – Universitas Lampung (Unila) melalui Bagian Kerja Sama, Biro Administrasi Perencanaan Sistem Informasi dan Kerja Sama (Bapsik) turut ambil bagian dalam rangka mendorong terciptanya student mobility sebagai upaya mendukung implementasi New Colombo Plan dan Summer Course Program yang diselenggarakan Kedutaan Besar Australia bekerja sama dengan Direktorat Kelembagaan dan Kerja Sama, Ditjen Pendidikan Tinggi.

Dukungan tersebut diimplementasikan Unila dengan turut berpartisipasi dalam kegiatan Indonesia – Australia Internationalization Workshop yang berlangsung selama dua hari, yakni pada 23-24 Juni 2014 lalu di Di Safitel Hotel, Nusa Dua, Bali.

Kepala Bagian Kerja Sama Luar Negeri Bapsik Unila Dra.Eka Purnama, M.A., yang mewakili Unila mengatakan, dalam program tersebut Australia memberikan beasiswa kepada para mahasiswanya untuk belajar ke luar negeri, termasuk Indonesia.

Untuk partisipasi Unila, pihaknya kini tengah melakukan berbagai persiapan. Mulai dari perbaikan sistem belajar mengajar , memperjelas mekanisme program, fasilitas, baru kemudian mengajukan proposal.

“Kami juga mulai gencar mempromosikan perguruan tinggi kita melalui website sebagai media bagi dunia luar serta melihat secara dekat program dan keunggulan apa saja yang terdapat di Unila,” papar Eka, seperti dilansir laman resmi Unila, unila.ac.id, Senin (30/6).

Menurut Eka, penyelenggaraan sosialisasi program internasional dengan tema “International Student Mobility for the New Colombo Plan Program” tersebut melibatkan 42 Perguruan Tinggi Indonesia (PTI) baik negeri maupun swasta serta diikuti juga oleh beberapa perguruan tinggi Australia.

Workshop ini adalah hasil kerja sama dari Kedutaan Besar Australia dengan Dikti yang merupakan sebuah wujud dukungan pemerintah dalam menunjang kemajuan perguruan tinggi di Indonesia, terutama dalam mendorong internasionalisasi infrastruktur dan pengembangan strategi internasionalisasi.

Tujuan dari penyelenggaraan workshop ini menurut Eka antara lain untuk mengembangkan informasi terkini mengenai program student mobility, meningkatkan kapasitas regional PTI sebagai penyelenggara program student mobility, memberikan kesempatan kepada PTI untuk membangun jejaring dan mengembangkan program mobilitas dari New Colombo Plan, serta mengembangkan model student mobility dan menghubungkan program tersebut dengan perguruan tinggi di Australia. (R/Dewira)