Beranda Info Teras Unila FGD Peningkatan Prestasi Mahasiswa

Unila FGD Peningkatan Prestasi Mahasiswa

740
BERBAGI

TERASLAMPUNG.COM–Bagian Kemahasiswaan Universitas Lampung (Unila) menggelar Focus Group Discussion (FGD) Peningkatan Prestasi Mahasiswa, di ruang sidang lantai 4 Rektorat, Kamis (5/11/2020).

FGD dihadiri Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Prof. Dr. Yulianto, M.S., tim kerja WR 3, dan perwakilan masing-masing Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di lingkungan Universitas Lampung.

drh. Madi Hartono, M.P., selaku tim kerja WR 3 saat membuka acara menjelaskan, FGD diadakan untuk menjadi wadah diskusi antara pihak universitas dan para pengurus organisasi kemahasiswaan di Unila dalam mengoptimalkan kegiatan UKM.

Pengoptimalan dilakukan dengan cara mengidentifikasi tantangan yang akan dihadapi, membuat strategi, serta menentukan langkah-langkah selanjutnya untuk meningkatkan prestasi sehingga tercipta terobosan-terobosan baru.

Melalui forum diskusi ini, UKM di lingkungan kampus diharapkan dapat menyusun strategi baru dan membuat lompatan-lompatan sehingga, keberadaannya bisa lebih bermanfaat untuk semua pihak sekaligus menambah pengalaman para peserta.

Prof. Yulianto, dalam arahannya mengutarakan, UKM merupakan tempat pengembangan minat dan bakat mahasiswa. Kedua poin tersebut masuk dalam penilaian untuk capaian prestasi yang diraih mahasiswa.

Untuk itu, UKM diharapkan dapat mengubah strategi sehingga dalam kondisi apapun, kegiatan dalam organisasi mahasiswa dapat terus berjalan. UKM juga harus membuat strategi baru agar meraih juara dalam perlombaan baik tingkat regional, nasional, maupun internasional.

“Atau bisa juga menjadi tuan rumah pada event-event tingkat nasional. Untuk itu saya mohon masukan-masukannya. Seperti apa program kita tahun depan dengan mengaca pada kondisi sekarang,” tuturnya.

Tak hanya itu, UKM diminta merumuskan dan mengatasi segala hambatan, khususnya di bidang kesekretariatan. Selama masa new normal berlangsung, UKM hendaknya beradaptasi dan memanfaatkan penggunaan media IT sebagai wadah komunikasi.