Beranda Pendidikan Unila Gelar TOT Pembinaan Dosen Pendamping Kegiatan Kemahasiswaan

Unila Gelar TOT Pembinaan Dosen Pendamping Kegiatan Kemahasiswaan

714
BERBAGI

TERASLAMPUNG.COM–Universitas Lampung (Unila) menyelenggarakan kegiatan Training of Trainer (ToT) Pembinaan Dosen Pendamping Kegiatan Kemahasiswaan Tahun 2020. Kegiatan ini berlangsung di ruang sidang lantai 4 Rektorat, Rabu (4/11/2020).

Pembinaan dosen pendamping mahasiswa diselenggarakan dalam rangka menciptakan kolaborasi pendampingan antardosen dan mahasiswa yang optimal sehingga tercipta prestasi mahasiswa yang baik yang berpengaruh pada peringkat pada bidang kemahasiswaan dan pemeringkatan universitas.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unila Prof. Yulianto, M.S., mengatakan, ada tiga aspek dalam diri mahasiswa yang perlu dididik. Ketiga aspek tersebut antara lain Intelligence Quotient (IQ), Emotional Quotient (EQ), dan Spiritual Quotient (SQ).

Bidang kemahasiswaan bertanggung jawab dalam peningkatan EQ dan SQ mahasiswanya. Untuk dapat meningkatkan kedua aspek tersebut, seluruh lini harus bisa berjalan bersama baik tingkat program studi, jurusan, fakultas, maupun universitas.

“Kita ditantang untuk menjadikan para mahasiswa bisa berperan aktif dan berprestasi meningkatkan kemampuan softskillnya,” ujar Prof. Yulianto saat memberikan sambutan pada kegiatan tersebut.

Pembinaan mahasiswa saat ini, lanjutnya, sudah memiliki tolak ukur yang jelas melalui pedoman-pedoman yang ada dalam Sistem Pemeringkatan Kemahasiswaan (Simkatmawa). Maka dari itu, para dosen pendamping dapat mempelajari jenis-jenis pendampingan dan mampu mengarahkan mahasiswa agar berprestasi. Tentu saja hal itu disesuaikan dengan potensi mahasiswa yang ada di setiap fakultas.

Melalui kegiatan ini ia berharap, pendampingan mahasiswa dapat dilakukan mulai tingkat jurusan. Dirinya akan berkoordinasi dengan para wakil dekan bidang kemahasiswaan dan alumni di masing-masing fakultas untuk menyiapkan dua dosen pendamping mahasiswa pada kegiatan-kegiatan kemahasiswaan.

“Mudah-mudahan berkat pendampingan bapak ibu semua, mahasiswa Unila bisa meningkat prestasinya. Bisa bagus SQ, EQ, di samping IQ-nya meningkat,” tutur pria yang baru saja ditunjuk sebagai Sekretaris Forum Wakil Rektor III se-Indonesia ini.

Sebelum menutup Prof. Yulianto juga mengumumkan, tahun ini Unila akan memberikan penghargaan kepada mahasiswa berprestasi baik di tingkat nasional maupun internasional. Tak hanya itu, pembinaan mahasiswa yang disetarakan dengan pembinaan akademik akan diupayakan agar dosen pendamping bisa mendapatkan reward.

Agenda dilanjutkan dengan pemaparan materi dari narasumber yaitu Prof. Dr. Sunarto DM, S.H., M.H., yang memaparkan materi tentang Pola Pembinaan Kemahasiswaan di Perguruan Tinggi dan tim kerja WR 3, dan drh. Madi Hartono, M.P.

Unila