Unila Raih Penghargaan Terbaik Ketiga Pengelolaan Program Indonesia Pintar 2021

Bagikan/Suka/Tweet:

TERASLAMPUNG.COM — Universitas Lampung (Unila) meraih Penghargaan Anugerah Terbaik Ketiga Pengelolaan Program Indonesia Pintar (PIP atau KIP-Kuliah) Tahun 2021 Tingkat Perguruan Tinggi, dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia, Jumat, 17 Juni 2022.

Penghargaan diberikan melalui Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek Ir. Suharti, M.A., Ph.D., kepada Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Prof. Dr. Yulianto, M.S., pada acara Apresiasi Pengelola Program Indonesia Pintar Terbaik Tahun 2021, di Jakarta.

Apresiasi Pengelola Program Indonesia Pintar Terbaik Tahun 2021 merupakan acara penghargaan pertama yang diselenggarakan Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslabdik) Kemendikbudristek RI, sebagai pengelola PIP dari jenjang pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi. Acara ini diadakan sebagai bentuk penghargaan atas layanan mitra utama PIP.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini karena akan memotivasi pengelola program, untuk menjalankan program dengan sebaik-baiknya. Dengan apresiasi ini tentu akan membuat para pengelola di semua unit kerja, baik perguruan tinggi ataupun kedinasan bekerja lebih tepat sasaran, baik jumlah maupunmetode-metode atau langkah-langkah yang dilakukan,” ujar Prof. Yulianto.

PIP adalah bantuan berupa uang tunai perluasan akses dan kesempatan belajar dari pemerintah diberikan kepada peserta didik dan mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi untuk membiayai pendidikan.

Tujuan program ini untuk meningkatkan akses bagi anak usia enam hingga 21 tahun yang menempuh pendidikan formal maupun noformal pada layanan pendidikan sampai tamat di tingkat dasar, menengah, dan pendidikan tinggi. Program juga bertujuan mencegah peserta didik dan mahasiswa dari kemungkinan putus sekolah atau kuliah.

Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-Kuliah) adalah salah satu upaya pemerintah untuk membantu para siswa yang memiliki keterbatasan ekonomi tetapi berprestasi untuk dapat melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.
KIP-Kuliah sangat membantu para mahasiswa prasejahtera namun memiliki prestasi akademik yang baik. Dengan program bantuan dari pemerintah ini, prestasi yang semula dipupuk mahasiswa dari jenjang SMA bisa dikembangkan lagi saat dia berkuliah.

Keberhasilan Unila mendapatkan penghargaan ini tak lepas dari upaya dan kerja keras tim kemahasiswaan yang aktif mengelola KIP-Kuliah dari segi administrasi. Misalnya seperti melakukan cek data mahasiswa secara berkala, tepat waktu mengikuti jadwal pencairan dan jadwal lain yang telah ditentukan pusat, tertib dalam pengarsipan, serta aktif dalam kegiatan Kemendikbud yang terkait dengan perkembangan KIP-Kuliah.

“Pesan saya kepada tim Kemahasiswaan Unila khususnya pengelola KIP-Kuliah, agar bisa lebih meningkatkan kinerjanya dalam pengelolaan KIP-Kuliah di Unila sehingga tahun depan prestasi Unila lebih meningkat,” katanya.
Ia juga berharap pengelolaan KIP-Kuliah semakin mudah dan baik agar semakin banyak mahasiswa Unila yang bisa meraihnya.

Acara Apresiasi Pengelola Program Indonesia Pintar Terbaik Tahun 2021 turut dihadiri 16 rektor, 37 wakil rektor, 16 kepala LLDikti, 22 direktur Politeknik, dan 15 perwakilan Politeknik, operator masing-masing perguruan tinggi, serta kepala dinas kabupaten/kota dan provinsi di seluruh Indonesia.