Unila Sudah Siap Jadi Salah Satu Tempat Muktamar NU ke-34

  • Bagikan

TERASLAMPUNG.COM —  Universitas Lampung (Unila) siap menjadi salah satu tempat perhelatan Muktamar Nahdlatul Ulama (NU) ke-34 pada Rabu, 22 Desember 2021 mendatang.

Panitia Lokal Muktamar NU ke-34 di Unila, Nanang Trenggono, mengatakan kesiapan Gedung Serba Guna (GSG) Unila untuk menjadi tempat Muktamar NU sudah mencapai 100 persen.

“Secara teknis, persiapan Unila sudah mencapai 100% sebagai salah satu lokasi dari tiga lokasi pelaksanaan Muktamar ke-34 NU,” kata Nanang.

Selain di Unila, Muktamar NU dilaksanakan di Ponpes Darus Sa’aadah Lampung Tengah,  UIN Raden Intan.

Menurut Nanang, Unila menjadi lokasi untuk registrasi sekitar 625 panitia yang dilakukan hari ini (20/12/2021). Kemudiann dilanjutkan dengan registrasi 1.200 peserta dari total 2.000-an peserta pada Selasa (21/12/2021).

“Sesuai prosedur prokes, semua dilakukan serba online, jadi peserta harus download aplikasi Peduli Lindungi. Peserta yang belum rapid test akan dirapid di tempat, dan bagi yang belum vaksin juga akan divaksin di tempat,” ujar Nanang.

Kepala Biro Perencanaan dan Hubungan Masyarakat (BPHM) Unila, Budi Sutomo, menambahkan pemeriksaan ketat hasil rapid test antigen dan sertifikat vaksin oleh petugas di lapangan untuk mengantisipasi penyebaran varian baru virus Covid-19.

Menurut Budi, pihak Unila tidak ingin terjadi kecolongan dalam penanganan prokes Covid-19. Untuk itu, Unila juga sudah berkordinasi dengan Tim Kesehatan dan Satgas Covid-19 Provinsi Lampung dan Kota Bandarlampung untuk pelaksanaan prokes di lapangan.

“Jadi nanti jika ditemukan hasil rapid positif atau OTG, maka peserta akan dibawa dengan ambulans untuk diisolasi di RSDC Unila yang ada di depan, Gedung 4 khusus untuk isolasi peserta yang OTG. Peserta akan dimonitoring kesehatan oleh nakes,” katanya.

Pembukaan

Pembukaan Muktamar NU ke-24 akan dilaksanakan pada Rabu (22/12/2021) di Ponpes Darus Sa’adah, Lampung Tengah.

Koordinator Divisi Media Center Muktamar NU, Hariadi Ahmad, mengatakan pembukaan Muktamar NU akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Untuk itu, diterapkan protokol yang sangat ketat. Termasuk dilakukan uji lab terlebih dahulu pada makanan yang akan dimakan presiden dan wakil presiden.

“Untuk pemberitaan khusus di pembukaan di Darus Sa’adah, kita tidak diberi izin memasuki ruang pembukaan. Jadi, media elektronik disepakati untuk mengambil data dari NU TV, diperbolehkan mengambil video maupun audio. Untuk media cetak kebutuhan berita dan foto akan disuplai oleh NU online atau website NU baik pusat maupun provinsi,” jelasnya.

Menurut Budi Utomo,  pembukaan Muktamar NU ke-34 juga dapat disaksikan secara online oleh peserta dan awak media melalui nonton bareng di Gedung Teater Fakultas Pertanian Unila.

“Nanti teknisnya akan kami sampaikan, nobarnya di gedung teater gitu, kami upayakan media bisa ikut nobar pembukaan Muktamar,” katanya.

  • Bagikan