Beranda Pendidikan UPT TIK Unila Gelar Pelatihan Pengembangan Konten Pembelajaran Berbasis TIK

UPT TIK Unila Gelar Pelatihan Pengembangan Konten Pembelajaran Berbasis TIK

887
BERBAGI

TERASLAMPUNG.COM– Unit Pelaksana Teknis Teknologi Informasi dan Komunikasi (UPT TIK) Universitas Lampung (Unila) menggelar pelatihan  Pengembangan Konten Pembelajaran Berbasis TIK bagi tenaga pendidik di lingkungan kampus Unila, di Hotel Bukit Randu, Bandarlampung, Kamis (12/11/2020).

Pelatihan tersebut iikuti 60 tenaga pendidik dari lingkungan fakultas, pascasarjana, dan BP MKU Unila. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari dan menghadirkan dua narasumber yakni Ir. Gigih Forda Nama, S.T., M.TI., Rizky Prabowo, M.Kom.

Iqbal Farabi, M.T., ketua pelaksana, mengungkapkan  pelatihan bertujuan untuk menambah wawasan para dosen Unila agar mampu menghadirkan video pembelajaran di Virtual Class ataupun platform learning management system lainnya yang digunakan Unila.

Dengan menerapkan video pembelajaran yang lebih menarik, kata dia, mahasiswa akan mendapat pengalaman pembelajaran yang baik seperti penggunaan video pembelajaran pada platform belajar Ruang Guru.

“Harapannya, kami di sini, dosen-dosen Universitas Lampung dapat menerapkan video pembelajaran serupa,” katanya.

Pelatihan pengembangan konten pembelajaran berbasis TIK, menurut Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja sama dan TIK Unila Prof. Suharso, Ph.D., merupakan hal yang niscaya dilakukan dosen. Pandemi Covid-19 yang masih berlangsung menuntut semua dosen mengembangkan konten pembelajarannya untuk mendukung pelaksanaan kelas daring.

Prof. Suharso menambahkan, tuntutan pembelajaran daring sesungguhnya sudah selaras dengan apa yang tertuang dalam program Kampus Merdeka. Dalam program tersebut, dosen tidak hanya dituntut mengajar dengan baik tapi mampu melakukan kultur pembelajaran inovatif.

“Mudah-mudahan ke depan kita lebih matang lagi. Saya berharap kepada dosen yang masih muda untuk bisa lebih banyak berkarya, lebih banyak menekuni ilmu pengetahuan di bidang masing-masing sehingga bisa mengangkat Unila menjadi lebih baik,” imbuhnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan workshop yang dipandu oleh narasumber tentang bagaimana memproduksi video pembelajaran.

Unila