Beranda Ekbis Bisnis Usaha Laundry di Lingkungan Kosan

Usaha Laundry di Lingkungan Kosan

344
BERBAGI
Jasa laundry (Foto: dok heibogor.com)

TERASLAMPUNG.COM — Siapa sih yang tidak kenal dengan usaha laundry, terutama kalian yang malas mencuci pakaian. Laundry adalah suatu usaha jasa membersihkan atau mencuci pakaian seperti baju, kemeja, jaket, celana, jins, dan lainnya. Ada juga beberapa jasa laundry yang melayani mencuci selimut, bed cover maupun sepatu dan sandal. Intinya: usaha laundry ini melayani jasa mencuci, mengeringkan, dan menyetrika pakaian.

Pada masa sekarang usaha laundry sudah cukup meningkat karena pada masa ini sudah menjadi jaman serba mesin, jadi dalam kerja laundry mesin sangatlah membantu dalam pemprosesan mencuci, mengeringkan dan menyetrika. Dan usaha laundry juga cukup menjamur, terutama di daerah padat penduduk perkotaan maupun daerah kosan mahasiswa.

Salah satu tempat yang strategis untuk membuka usaha laundry adalah di daerah kosan sekitar kampus. Karena lingkungannya yang ramai dengan mahasiswa dan biasanya kosan memiliki tempat untuk mencuci dan menjemur pakaian yang terbatas. Mahasiswa juga terkadang disibukkan dengan tugas-tugas kuliahnya sehingga rasa malas mencuci muncul. Dan jalan keluar untuk masalah tersebut adalah dengan membersihkan pakaiannya di jasa laundry.

Mengingat bulan Desember sudah mulai masuk musim penghujan, maka usaha laundry akan diramaikan dengan pesanan para pelanggan. Hal itu karena pada musim hujan orang terutama mahasiswa akan kesulitan dalam proses pengeringan pakaian karena cuaca yang mendung dan hujan. Maka, usaha laundry akan sangat membantu para pelanggannya akan masalah tersebut terutama dalam masalah pengeringan pakaian sehingga omset usaha laundry meningkat.

Menurut para pelanggan laundry di tempat penulis, laundry sangat membantu terutama disaat rasa malas mencuci dan kesibukan muncul.

“Daripada menunggu niat mencuci muncul, cucian keburu menumpuk,” kata  salah satu pelanggan laundry di tempat penulis.

Meskipun laundry bisa menjadi jalan keluar dari masalah pakaian kotor, lebih baik mencuci sendir karena dapat menghemat pengeluaran.

Ayub Dwi Yoga Ramadhan, mahasiswa Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta

Loading...
BERBAGI
Artikel sebelumyaUniknya Dukuh Karanganyar di Kabupaten Kebumen
Artikel berikutnyaSuka Duka Menuntut Ilmu di Tanah Rantau
Portal Berita Lampung: Terkini, Independen, Terpercaya