Beranda Hukum Kriminal Usai Diserahkan ke Kejaksaan, Tahanan Narkoba Kabur

Usai Diserahkan ke Kejaksaan, Tahanan Narkoba Kabur

157
BERBAGI

Zainal Asikin/Teraslampung.com

BANDARLAMPUNG-Seorang tahanan kasus penyalahgunaan narkoba di Direktorat Reserse Narkoba Polda Lampung, melarikan diri dari kantor Kejaksaan Negeri Bandarlampung, usai diserahterimakan penyidik Direktorat  Reserse Narkoba Polda Lampung ke pihak Kejaksaan Tinggi Lampung, pada Kamis (5/3) siang.

Berdasarkan informasi yang dihimpun mengenai salah seorang tahanan yang kabur tersebut, diketahui  bernama Agus Bastian, warga Gunung Sugih, Lampung Selatan, yang sebelumnya telah ditangkap oleh Subdit I Direktorat Reserse Narkoba Polda Lampung pada pertengahan bulan Oktober 2014
lalu.

Kasubdit I Direktorat Reserse Narkoba Polda Lampung, AKBP Raswanto Hadiwibowo menuturkan, bahwa dirinya mendapatkan informasi dari penyidiknya bahwa seorang tahanan, Agus Bastian yang telah diserahterimakan ke Kejaksaan Tinggi Lampung kabur melarikan diri.

“Ada dua tahan yang dilimpahkan, keduanya adalah tahanan kasus narkoba. Tetapi yang kabur satu atas nama Agus, kalau yang satunya lagi tidak kabur tapi namanya saya lupa. Kedua tahanan itu, kami limpahkan, Kamis (5/3) sekitar pukul 13.00 WIB,” kata Raswanto saat, Jumat (6/3).

Dijelaskannya, saat tahanan tersebut usai diserah terimakan, anggotanya kemudian kembali ke kantor Ditnarkoba Polda Lampung sekitar pukul 14.00WIB. Namun, tak lama kemudian, anggotanya tersebut mendapatkan informasi kalau salah satu tahanannya yang baru diserahterimakan kabur melarikan diri saat sedang dibawa mobil tahanan Kejaksaan.

“Ya kalau laporan dari anggota saya, saat dilimpahkan kedua tahanan itu usai keluar dari mobil anggota saya. Lalu keduanya langsung dimasukkan ke sel tahanan Kejaksaan,”ujarnya.

Namun, saat kedua tahanan tersebut akan dibawa oleh petugas kejaksaan dari sel tahanan menuju mobil tahanan Kejaksaan, satu dari tahanan tersebut kabur dari dalam mobil

”Laporannya ke saya seperti itu, kalau tahanannya  itu kabur saat sedang dibawa  dengan mobil tahanan Kejaksaan,” jelasnya.

Ditegaskannya, meskipun kaburnya tahanan tersebut bukan lagi kewenangan Polda Lampung, namun pihakya akan tetap membantu untuk melakukan pencarian dan penangkapan terhadap tahanan tersebut.

“Kami akan tetap membantu kejaksaan untuk melakukan pencarian. Saya sudah perintahkan anggota untuk mencari tahanan bernama Agus, dan hingga saat ini saya belum menerima adanya laporan kembali sudah tertangkap atau belum,”tandasnya.

Terpisah, Kasipenkum Kejati Lampung, Yadi Rachmat saat dikonfirmasi mengatakan, memebenarkan adanya seorang tahanan yang kabur, awalnya memang pihaknya belum mengetahui terkait adanya tahanan yang kabur saat dibawa mobil kejaksaan. Tahanan yang kabur tersebut pelimpahkan dari Ditnarkoba Polda Lampung,

“Ya informasinya yang saya terima sementara ini, kaburnya tahanan itu saat sedang dibawa dengan mobil kejaksaan dari Kejati menuju ke Kejaksaan Negeri Bandarlampung. Kami sudah berkordinasi dengan pihak Kejari dan Ditnarkoba Polda. Petugas untuk melakukan pengejaran,”kata Yadi.