Usai Kakanwil Kemenkum HAM Temui Kapolda, Keterlibatan Pejabat Imigrasi Diklarifikasi

  • Bagikan
Kapolda Lampung, Irjen Pol Sudjarno menjelaskan isi pertemuannya dengan Kepala Kantor Wilayah Kemenkum HAM Bambang Haryono dan penangkapan calo paspor, Jumat (20/1/2017)

Zainal Asikin|Teraslampung.com

BANDARLAMPUNG — Setelah Maryono, calo pembuatan paspor di Kantor Imigrasi Kelasi I Bandarlampung, ditangkap tim Saber Pungli Polda Lampung, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kakanwil Kemenkum HAM) Lampung, Bambang Haryono, mendatangi Mapolda Lampung, Jumat (20/1/2017).

Menariknya: usai pertemuan itu, data yang sebelumnya diekspose Polda Lampung berumah. Saat ditanya wartawan soal isi pertemuan, Kapolda Lampung seolah mengklarifikasi ekspose Polda Lampung yang diungkapkan sebelumnya. Menurut Kapolda, tidak ada keterlibatan pejabat Kantor Imigrasi Bandarlampungt dalam percaloan paspor.

BACA: Calo Pembuatan Paspor Ditangkap, Oknum Imigrasi Bandarlampung Diduga Terlibat

Bambang Haryono diterima langsung oleh Kapolda Lampung Irjen Pol Sudjarno dan Waka Polda Lampung,Brigjen Pol Bonifasius Tampoi serta para pejabat utama Polda Lampung.

Kedatangan Bambang Haryono menemui Irjen Pol Sudjarno, banyak menimbulkan pertanyaan. Karena dilakukan hanya beberapa jam setelah calon paspor ditangkap.

Usai pertemuan,  Kapolda Lampung  Irjen Pol Sudjarno mengatakan pertemuann membahas permasalahan pungutan liar (pungli) yang terjadi di Kantor Imigrasi Kelas I Bandarlampung. Namun, Jenderal bintang dua ini, membantah mengenai hal tersebut.

“Ya benar, tadi ada Pak Bambang Haryono, Kakanwil Kemenkumham datang menemui saya. Tapi bukan terkait masalah pungli di Kantor Imigrasi,”ujarnya kepada awak media.

Menurutnya, pertemuan tersebut merupakan menjalin silaturahmi.

“Kebetulan juga Pak Bambang Haryono ini kan baru saja menjabat sebagai Kakanwil Kemenkum HAM Lampung. Saat acara serah terima jabatan Pak Bambang, saya tidak bisa menghadiri acara tersebut karena sedang ada keperluan di Mabes. Ya jadi sekarang dia (Bambang) ini, datang hanya bersilaturrahmi,”ungkapnya.

Kapolda mengaku dalam pertemuan itu dibahas kerjasama kedua lembaga kedepannya. Terutama dalam pemberantasan narkoba, yang peredarannya marak dikendalikan di dalam Lembaga pemasyarakatan (Lapas).

Menurut Kapolda, pemberantasan peredaran narkoba di Lampung tidak hanya dilakukan oleh Polda Lampung dan Kemenkum HAM, tetapi juga bekerjasama dengan lembaga terkait lainnya.

Selanjutnya menanggapi terkait pengungkapan pungli di Kantor Imigrasi Kelas I Bandarlampung, mantan Waka Polda Metro Jaya ini mengaku  tidak ada keterlibatan oknum pejabat imigrasi. Menurutnya, tim Saber Pungli hanya menangkap seorang calo pembuatan paspor di Kantor Imigrasi tersebut.

“Kalau memang ada indikasi yang mengarah adanya keterlibatan oknum pejabat Imigrasi, kami akan serahkan ke institusinya (Imigrasi),”terangnya.

  • Bagikan