Ustaz Afta: Ramadhan Hasilkan Pribadi Berkualitas

  • Bagikan
Ustaz Afta pada pengajian di Masjid Al Azhar, Jakarta, Jumat malam, 8 Juni 2018.

TERASLAMPUNG.COM — Ali Farkhan Tsani, biasa disapa Ustaz Afta, mengatakan, bulan Ramadhan dapat menghasilkan pribadi berkualitas dalam kehidupan sehari-hari.

“Puasa Ramadhan jika dikerjakan dengan baik dan benar mampu mengantarkan menjadi manusia yang bertangung jawab, konsekwen, jujur, sunguh-sungguh dan memiliki semangat kerja yang tinggi,” ujar Pengasuh Ma’had Daarut Tarbiyah Indonesia (DTI) Bekasi tersebut.

Ia mengatakan pada Kajian I’tikaf Ramadhan bertema “Tarbiyah Ruhiyah Meraih Prestasi Tertinggi” di Masjid Agung Al-Azhar Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat malam (8/6/2018).

Ia menekankan, pribadi-pribadi unggul itu karena memiliki jiwa atau ruhani yang kuat, dan itu bisa dilatih dengan ibadah puasa seperti shalat yang khusyu, bertadarus Al-Quran, dzikrullah, berdoa, i’tikaf dan bertaubat.

Pribadi unggul hasil dari training Ramadhan adalah mereka yang nanti akan menjadi Muslim yang gemar shalat berjamaah, bersegera memenuhi panggilan azan di masjid, senang berdzikir, asyik berduaan dengan Allah dalam tahajud dan mampu meneteskan air mata taubat nasuha, lanjutnya.

“Hidup bersaudara, saling membantu, berjuang menegakkan amar ma’ruf nahi mungkar, berjihad di jalan Allah, itupun merupakan ciri pribadi Muslim berkualitas hasil puasa Ramadhan dan tanda ia memiliki ruhiyah yang kokoh,” ujar Afta, yang aktif sebagai penulis dan redaktur di Kantor Berita MINA (Mi’raj News Agency).

Untuk lebih luas lagi jangkauannya, ia berharap agar para pemimpin dan pejabat Muslim dapat memberikan teladan kebaikan sebagai hasil Ramadhan.

Energi positif hasil madrasah Ramadhan akan sangat berguna bagi pembangunan umat dan bangsa menuju ridha Allah, imbuhnya.

Berbagai kegiatan Ramadhan selain shalat fardhu berjamaah dilaksanakan di Masjid Agung Al-Azhar, di antaranya iftar dan sahur bersama, tausiyah dzuhur, ceramah tarawih, kajian i’tikaf, santunan anak yatim dan dhuafa, donor darah, lomba tahfidz Al-Quran, bazar, i’tikaf dan shalat Idul Fitri.

TL/minanews.net

  • Bagikan