Beranda Ruwa Jurai Lampung Utara Usulan Hak Angket akan Diajukan Senin Pekan Depan

Usulan Hak Angket akan Diajukan Senin Pekan Depan

222
BERBAGI

Feaby/Teraslampung.com

Rapat Badan Musyawarah DPRD Lampung Utara membahas  jadwal pengusulan hak angket, Rabu (28/1).

KOTABUMI--DPRD Lampung Utara (Lampura) tidak main – main dengan rencana pengajuan  hak angket. Buktinya,  Badan Musyawarah (Bamus) DPRD telah menetapkan jadwal dan agenda hak angket, Rabu (28/1) sekitar pukul 10:00 WIB.

Rapat Bamus hari ini memenuhi syarat alias kuorum karena dihadiri tak kurang dari 12 anggota berikut tiga orang Wakil Ketua DPRD Lampung Utara.  Agenda awal yang ditetapkan oleh Bamus ialah penyampaian usulan penggunaan hak angket oleh pengusul pada Senin (2/2) mendatang.

“Hari ini Bamus telah menetapkan usulan hak angket,” kata Muhammad Yani, salah seorang anggota Bamus usai rapat, Rabu (28/1).

Legislator asal partai Gerindra ini mengatakan, usulan penggunaan hak angket ini datang dari 14 anggota Dewan yang berasal dari tiga Fraksi di DPRD. Ketiga Fraksi dimaksud yakni Fraksi PDIP, Fraksi Gerindra, dan Fraksi Demokrat. (Baca: Tidak Kuorum, Rencana DPRD Lampura Bahas Hak Angket Batal).

“Dasar usulan hak angket ini ialah aspirasi yang ramai disuarakan masyarakat belakangan ini. Usulan ini datang dari 14 anggota Dewan dari 3 Fraksi di DPRD,” tuturnya.

Sesuai jadwal yang ditetapkan Bamus, kata M.Yani, setelah penyampaian hak angket dalam rapat paripurna, maka agenda selanjutnya ialah pandangan umum seluruh Fraksi, Rabu (4/2). Setelah itu, pada Kamis (5/2), akan diadakan paripurna dengan agenda jawaban pengusul hak angket.

Tahapan selanjutnya ialah pembahasan Panitia Khusus (Pansus) hak angket yang akan dimulai sejak tanggal 5 – 10 Februari mendatang. “Hasil pembahasan Pansus akan diserahkan ke pimpinan dewan sekitar tanggal 12 Februari mendatang,” papar dia.

Yani mengaku, semua tahapan yang telah ditentukan oleh Bamus tersebut akan menjadi acuan semua pihak. Kendati demikian, tak menutup kemungkinan akan terjadi perubahan jadwal dari yang telah ditetapkan. (Baca:  Unjuk Rasa Tuntut Bupati Lampura Mundur, DPRD Setuju Gunakan Hak Angket).

“Yang pasti, kami optimistis jadwal dan tahapan akan sesuai hasil rapat Bamus,” katanya.

Sementara Wakil Ketua DPRD Lampura M. Yusrizal membenarkan bahwa Bamus telah menetapkan jadwal terkait hak angket. Dimana rapat Banmus kali ini dihadiri oleh 12 anggota Banmus.

“Alhamdulillah, rapat Bamus hari ini kuorum. Semoga semuanya berjalan dengan lancar dan sebagaimana mestinya,” terang Wakil Ketua II DPRD Lampura itu.

Sebelumnya, Rapat Badan Musyawarah DPRD Lampung Utara (Lampura) terkait wacana pengguliran hak angket, Selasa (27/1) sekitar pukul 12:30 WIB, batal digelar lantaran tidak kuorum. Padahal, rapat Banmus ini sengaja digelar untuk menindaklanjuti aspirasi sejumlah tokoh adat Lampura beserta pendukungnya yang sengaja mendatangi kantor DPRD pada Selasa (27/1) pagi