Beranda Ruwa Jurai Lampung Utara Usulan Pembentukan Kabupaten Sungkai Bunga Mayang “Nyangkut” di Bagian Tapem

Usulan Pembentukan Kabupaten Sungkai Bunga Mayang “Nyangkut” di Bagian Tapem

1199
BERBAGI
Bupati Agung Ilmu Mangkunegara menandatangani persetujuan bersma tentang rencana pembentukan Kabupaten Sungkai Bungai Mayang, Jumat (9/12/2016),

‎‎Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–Rencana pembentukan Kabupaten ‎Sungkai Bunga Mayang (SBM) bak jauh panggang daripada api. Sebab, dokumen persetujuan pembentukan Kabupaten SBM ternyata hingga kini masih ‘ngangkut’ di Bagian Tata Pemerintahan Sekretariat Pemkab Lampung Utara.

Padahal, jika saja Pemkab menyerahkan dokumen itu kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung tak lama setelah disetujui oleh DPRD Lampung Utara maka tak menutup kemungkinan pembahasan rencana pembentukan DOB berikut‎ anggarannya dapat dijadwalkan atau dialokasikan oleh Pemprov. Dengan demikian, Pemprov dan DPRD Lampung dapat segera membahas rencana DOB ini sehingga dapat disampaikan ke DPR pusat untuk dibahas kembali.

‎‎Kepala Bagian Tata Pemerintahan Sekretariat Pemkab, Asmuni Effendi ketika dikonfirmasi membenarkan bahwa dokumen persetujuan itu hingga kini belum diserahkan oleh pihaknya meski persetujuan DPRD telah dilakukan pada awal Desember tahun silam.

“Iya (dokumen itu) memang belum dikirim ke Provinsi,”kata dia kepada wartawan, Kamis (19/1/2017).

Keterlambatan penyampaian dokumen ini, menurut Asmuni, dikarenakan saat itu struktur organisasi Pemprov belum terbentuk menyusul terbitnya aturan baru yang mengharuskan adanya perubahan Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Ia memperkirakan dokumen DOB SBM akan dikirimkan pada Senin pekan depan.

“Rencananya akan kami antar Senin pekan depan,” kelitnya lagi.

‎Jum’at (9/12/2016) sekitar pukul 14.00 WIB, DP‎RD dan Pemk‎ab Lampung Utara akhirnya menyetujui rencana pembentukan Kabupaten Sungkai Bunga Mayang (SBM) dalam sidang paripurna, di gedung DPRD.

Persetujuan bersama tentang pembentukan Kabupaten SBM ini tentu bak pelepas dahaga masyarakat dari 8 Kecamatan Sungkai‎ yang telah lama memimpikan hal itu sejak belasan tahun silam. Sidang paripurna ini sendiri dipimpin Ketua DPRD, Rachmat Hartono yang didampingi wakil Ketua Amir Yusmeri, M.Yusrizal, dan Arnol Alam beserta puluhan koleganya.

Kedelapan kecamatan penggagas atau pendukung pembentukan DOB SBM itu, yakni Sungkai Utara, Sungkai Tengah, Sungkai Jaya, Sungkai Barat, Sungkai Selatan, Muara Sungkai, Sungkai Bungamayang dan Hulu Sungkai. Tujuannya, untuk mempermudah prosesnya, telah dibentuk Tim baik dari Pemkab maupun Tim dari panitia pemekaran yaitu Tim 9 yang diketuai oleh Hidayat Lembasi.

Berbagai persyaratan pembentukan DOB seperti lokasi perkantoran, jumlah penduduk dan luas wilayah‎ dinilai cukup memadai. Luas tanah yang telah disiapkan mencapai seluas 40 hektar. Sedangkan jumlah penduduknya diperkirakan mencapai140.000 jiwa. Berdasarkan kajianakademis Universitas Lampung yang bekerja sama dengan Pemkab dengan berlandaskan instrumen pada PP nomor 78/2007 tentang pedoman pembentukan dan penghapusan Kabupaten/Kota, Sungkai Bunga Mayang dianggap layak dengan predikat mampu untuk dimekarkan menjadi sebuah DOB.