Vaksinasi Gelombang Kedua, Pemkab Lampura Prioritaskan Petugas Pelayanan Publik

  • Bagikan
Bupati Budi Utomo menyaksikan proses vaksinasi yang dilakukan atas Wakil Ketua III DPRD Lampung Utara, Joni Saputra
Bupati Budi Utomo menyaksikan proses vaksinasi yang dilakukan atas Wakil Ketua III DPRD Lampung Utara, Joni Saputra, Senin (1/2/2021).

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–Pemkab Lampung Utara akan memprioritaskan petugas pelayanan publik untuk mendapat vaksinasi gelombang kedua pada pekan depan. Rencana itu dilakukan setelah mereka menerima ribuan vaksin Coronavac ‎dari ‎Pemerintah Provinsi Lampung pada Jumat (26/2/2021).

“Dalam vaksinasi Covid-19 gelombang kedua ini dipriotaskan untuk mereka yang bertugas di pelayanan publik,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Dinas Kesehatan, Dian Mauli, Minggu (28/2/2021).

Untuk merealisasikan rencana tersebut, pihaknya akan segera melakukan pemetaan petugas pelayanan publik mana saja yang akan diberikan vaksinasi berikut masing – masing kuota dari tiap institusi atau pihak lainnya tersebut. Pelayanan publik itu di antaranya seperti TNI, Polri, petugas imigrasi, BPBD dan jurnalis.

“Rapat untuk pemetaan penerima vaksin direncanakan pekan ini,” terangnya.

‎Setelah proses pemetaan itu rampung, vaksin Coronavac akan segera didistribusikan ke fasiltas – fasilitas kesehatan. Nantinya, para petugas calon penerima vaksin akan mendatangi fasilitas – fasilitas kesehatan yang telah ditunjuk tersebut.

“Kalau enggak ada halangan, mungkin pekan ini sudah didistribusikan dan dilakukan vaksinasi,” kata dia.

‎Adapun total dosis vaksin Coronavac yang baru saja diterima itu berjumlah 5.900 dosis. Lima ribuan dosis itu untuk vaksinasi selama dua tahap. Artinya, jumlah penerima vaksinasi hanya setengahnya saja atau tepatnya, 2.950 orang.

“‎Inilah alasan mengapa diperlukan pemetaan calon penerima vaksin karena dosis yang diterima tidak banyak,” jelasnya.‎

Vaksinasi Covid-19 gelombang pertama dilakukan pada tanggal 1 Februari‎ lalu. Kala itu, total vaksin yang diterima berjumlah 5.160. Vaksinasi pertama dilakukan di RSUD H.M. Ryacudu Kotabumi.

Loading...
  • Bagikan