Beranda Video Video: Karnaval Festival Krakatau,Para Muli Menari di Tengah Jalan Raya

Video: Karnaval Festival Krakatau,Para Muli Menari di Tengah Jalan Raya

111
BERBAGI

BANDARLAMPUNG, Teraslampung.com – Pada setiap perhelatan Festival Krakatau di Provinsi Lampung, perhelatan karnaval budaya menjadi peristiwa yang sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Karnaval budaya memang tidak berkaitan langsung dengan Gunung Anak Krakatau yang eksotis itu. Namun, dari peristiwa karnaval budaya Lampung itu kita akan tahu bahwa Lampung begitu kaya warisan budaya. Dan, sejatinya, menikmati eksotisme Gunung Anak Krakatau tidaklah lengkap tanpa melihat dari dekat budaya Lampung yang beraneka.

Setidaknya sudah dua kali karnaval budaya dalam rangka Fetival Krakatau mengeksplorasi ragam hias kain tapis–warisan kuno suku Lampung bernilai tinggi–yang eksotis. Yakni, pada 2012 dan 2014. Pernak-pernak ornamen yang melekat di baju para model dan orgamen tapisnya merupakan hasil eksplorasi para desainer lokal.


Para model itu kerap menjadi ‘bulan-bulanan’ penonton. Langkah mereka kerap terhenti hanya sekadar untuk meladeni penonton abege, anak-anak. bahkan ibu-ibu rumah tangga untuk berfoto selfie. Sementara itu, gemulai gerakan para penari yang membawakan tarian Lampung pun tak lepas dari perhatian penonton yang berjubel di sisi kanan-kiri jalan. Ya, para penari itu menari di tengah jalan raya, di antara iringan musik dan klakson mobil dan sepeda motor yang berlalu lalang….

(Mas Alina Arifin)

Loading...